Tak Hanya Sayur, Ini Menu Makanan Lezat yang Bisa Dikonsumsi Vegan
Ilustrasi makanan vegan (Bernadette Wurzinger-Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Anda mungkin sudah tahu bahwa orang-orang vegan dalam kehidupan sehari-harinya tidak mengonsumsi dan memakai produk hewani.

Alasan seseorang memutuskan untuk jadi vegan bisa jadi karena ingin meningkatkan kesehatan atau menghindari semua bentuk eksploitasi dan kekejaman terhadap hewan, baik itu untuk makanan dan produk fashion, sepeti jaket, tas, atau sepatu dari kulit hewan. 

Bagi non-vegan, membayangkan hari-hari menjadi vegan mungkin terasa berat dan membosankan. Anda mungkin mengira vegan hanya akan makan sayur hambar atau salad dan tahu-tempe sepanjang hidup. 

Meski sehat, tak bisa dimungkiri bahwa tidak semua orang suka makan salad atau sayur setiap hari. Lalu, apa kabar keinginan makan ayam geprek, bakso, dan nasi Padang? 

Sebenarnya apa yang dimakan vegan tak seterbatas itu. Pilihan makananya pun banyak dan rasanya bisa seenak makanan non-vegan pada umumnya. 

Hanya saja memang tetap ada aturan baku yang tak boleh dilanggar. Intinya, semua produk hewani tak bisa dimakan. 

Apa saja yang masuk produk hewani? Mulai dari daging sapi, kambing, ayam, bebek, angsa, burung puyuh, kalkun, babi, semua jenis ikan, udang, cumi, kerang, kepiting, dan lobster. 

Selain yang jelas-jelas daging binatang, vegan juga tidak mengonsumsi keju, susu sapi atau kambing, yogurt, mentega, es krim, telur, madu, bee pollen, dan mayones. Anda juga tak bisa sembarangan membeli es krim, roti, atau kue karena umumnya mengandung susu, telur, atau mentega. 

Meski banyak pantangan, tetap banyak pula pilihan makanan lain yang bisa dikonsumsi. Kabar baiknya, sekarang sudah banyak restoran atau rumah makan vegan yang punya alternatif menu non-vegan. 

Sebenarnya sudah banyak alternatif makanan pengganti vegan, misalnya mengganti daging dengan jamur, kentang, ubi, nangka, bahkan ada daging buatan. Dijamin Anda tetap bisa makan enak dengan menu beragam setiap hari. Bahkan, ketika sama sekali tak suka sayur pun sangat memungkinkan untuk jadi vegan. 

Masakan Padang versi vegan (Instagram @lokapadang)

 

Sebagai gambaran, berikut beberapa menu makanan di restoran vegan yang ada di Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta. Kalau penasaran, bisa dicoba sendiri untuk tahu seperti apa rasanya. Kemungkinan besar, Anda tak akan menyangka kalau rasanya mirip seperti versi non-vegan! 

  • Burgeens: burger jamur, nasi rendang, sate maranggi, japchae, bibimbap, dan bakso. 
  • Loka Padang: rendang kentang, rendang jamur, gulai jamur, dan soto Padang.
  • Rumah Juliet: aneka roti, donat, dan kue, seperti salted caramel cake, chococips cookies, donat Lotus Biscoff, green tea almond doughnut, banana muffin, dan bisa pesan kue ulang tahun vegan juga. 
  • Feel Good Food: ayam bakar, rendang,  paket tumpeng, nasi lamak Padang, gyoza, chicken sandwich, tom yum, bulgogi, dan kung pao chicken. 
  • iVegan Pizza: aneka menu pizza, pasta, baked potato, lasagna, bruschetta, risotto. 
  • Rays Bottle of Joe: nasi Bali, nasi bakar jantung pisang, ayam geprek, tongseng, nasi kebuli, dan soto Betawi. 
  • Bluezone : nasi goreng shirataki, nasi uduk sayur asem, ayam sambal matah, mie ayam shirataki, tomato pesto pasta, katsu curry udon, bakso, nasi liwet, katsu curry rice
  • Vegan Cuisine by Madame Yen: gulai itik, sate padang, rawon, udang balaldo, daging bakar, brenebon. 
  • Kehidupan Tidak Pernah Berakhir: mi goreng, nasi goreng, nasi timbel, sate ayam, tom yum, dan aneka tumisan sayuran.
  • Veganissimo: aneka masakan kwetiau, mie, bihun, capcay, sapo tahu, bakso fuyung hai, dan cah sayur.

Bagaimana? Banyak sekali kan pilihan menu makanan non-hewani yang bisa dimakan seorang vegan sehari-hari. Apakah Anda juga tertarik untuk jadi vegan?