Daftar Makanan yang Baik Disantap Untuk Redakan Lelah
Makanan Sehat (Trang Doan/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Kelelahan dapat disebabkan oleh banyak hal. Bisa saja Anda merasa lelah karena terlalu banyak aktivitas namun tidak memiliki cukup waktu untuk melakukannya.

Selain karena padatnya aktivitas yang harus dilakukan, kelelahan pun dapat disebabkan karena kurangnya konsumsi makanan bernutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Makanan merupakan bahan bakar dalam tubuh yang mampu memberi suntikan energi saat tubuh merasa lelah atau lemah. Jika tubuh Anda memberi sinyal lelah, berikut ini daftar makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mengembalikan energi.

Minyak kelapa

Minyak Kelapa (Tijana Drndarski/Unsplash)

 

Trigliserida dalam minyak kelapa merupakan sumber energi yang bisa dimanfaatkan tubuh lebih cepat daripada kopi. Jika Anda tidak suka meneguk satu sendok minyak kelapa, coba temukan makanan yang terbuat dari bahan ini.

Almond

Kacang Almond (Ignacio F/Unsplash)

 

Stres dan kelelahan dapat menyebabkan nyeri otot karena tubuh telah banyak kehilangan magnesium. Untuk mengurangi nyeri dan menambah asupan magnesium dalam tubuh, cobalah konsusmi kacang almond agar Anda merasa lebih baik.

Kacang hijau

Kacang Hijau (Eva Elijas/Pexels)

 

Daripada meningkatkan konsumsi nasi, lebih baik nikmati satu mangkuk bubur kacang hijau jika Anda ingin mendapatkan tambahan karbohidrat. Diperkaya dengan Vitamin B1 dan B2, kacang hijau membantu tubuh mengubah karbohidrat menjadi energi dan menyerap protein.

Tuna dan salmon

Ikan Salmon (Cottonbro/Pexels)

 

Omega 3, asam lemak esensial yang membantu Anda merasa fokus, adalah bahan bakar untuk menjaga sel-sel otak tetap sehat dan bisa ditemukan dalam ikan berlemak seperti tuna dan salmon.

Jus blueberry

Jus Blueberry (Olya Kobruse/Pexels)

 

Ketika tubuh terlalu lelah, Anda bisa saja sering merasa sakit kepala dan kurang fokus. Untuk mengembalikan fokus dan meningkatkan memori, minumlah jus blueberry yang mengandung antioksidan, Vitamin C, Vitamin K, dan serat yang baik.

Uji laboratorium menunjukkan bahwa anthocyanin di dalam buah berwarna biru keunguan ini dapat membantu mencegah kehilangan memori.

Daging Sapi

Steak Daging Sapi (Malidate Van/pexels)

 

Sebanyak 9 dari 10 wanita di Inggris diperkirakan kekurangan asupan zat besi harian, padahal zat besi adalah mineral penting untuk melawan kelelahan. Pilih daging sapi karena mengandung zat besi yang membantu sel darah membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh.

Saat tubuh sedang lelah sebaiknya hindari makanan mengandung pemanis buatan dan MSG karena meningkatkan tekanan darah yang dapat memicu sakit kepala.