Kaleidoskop 2023: Makanan Unik yang Viral di TikTok Sepanjang Tahun 2023
Ilustrasi makanan unik yang viral di TikTok 2023 (Freepik/simonapilolla)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tren makanan yang viral di TikTok, mungkin menghias beranda aplikasi sosial media Anda. Tidak dapat dihindari, tetapi melihat video pendek banyak orang recook resep-resep masakan mungkin juga memotivasi Anda untuk mencobanya sendiri di rumah. Kalau Anda sedang mencari inspirasi mau makan apa nanti untuk bersenang-senang, berikut daftar makanan unik yang tren tahun 2023 di TikTok.

1. Sup Lasagna

Memang tak biasa, lasagna yang creamy dan cheezy diolah menjadi sup. Sebenarnya, secara tekstur hampir mirip dengan lasagna yang dipanggang. Tetapi, sup lasagna dibuat di wajan anti lengket sehingga tanpa dipanggang sudah bisa dinikmati. Resep ini banyak sekali yang mengunggah dengan topik recook.

makanan unik yang viral 2023
Ilustrasi makanan unik yang viral di TikTok 2023 (Freepik/timolina)

2. Hwachae

Es buah khas Korea, atau disebut hwachae, viral beberapa bulan lalu di TikTok. Hwachae berisi buah-buahan biasanya semangka, berry, dan rambutan atau buah-buahan lainnya. Bahan dasarnya cair seperti es buah pada umumnya. Karena dicampur soda dan jus jeruk atau susu stroberry rasanya akan lebih kaya. Sajian ini tren dihidangkan musim panas, seperti dipopulerkan @amyflamy1 dengan tagline “Hwachae at 3am girl”.

makanan unik yang viral 2023
Ilustrasi makanan unik yang viral di TikTok 2023 (Freepik/Edgunn)

3. Girl dinner

Banyak perempuan menggunakan tagline Girl dinner untuk menandai menu sehat makan malamnya. Istilah tersebut dibuat oleh @liviemaher, melansir Slaying Social, Rabu, 13 Desember, yang bermaksud menyebut “makan malam petani abad pertengahan”.

Menu makan mala mini sangat bervariasi. Tren digunakan hanya untuk menampilkan makan malam sederhana. Baik itu camilan, pasta, hingga seporsi es krim. Kritikus memberikan tanggapan “tagline girl dinner mempromosikan budaya makan/diet yang tidak sehat” namun ada pula warganet yang mengunggah tagline sama tetapi prinsip utamanya kemudahan, kenyamanan, dan porsi besar.

makanan unik yang viral 2023
Ilustrasi makanan unik yang viral di TikTok 2023 (Freepik/Racool_studio)

4. Pancake mangga

Musim panas paling nikmat menutup hidangan dengan sajian segar, seperti pancake mangga. Suguhan ini diunggah berkali-kali sehingga hit. Sebagian besar unggahannya, mulai dari video makan hingga memasak resep pancake mangga sehingga viral. Cara membuatnya pun cukup sederhana, cukup mencampurkan mangga dengan adonan pancake dan memasaknya dengan wajan anti lengket. Namun ada pula yang membuat variasi pancake dengan wrap krim bersama potongan mangga.

makanan unik yang viral 2023
Ilustrasi makanan unik yang viral di TikTok 2023 (Freepik/jcomp)

5. Fruit rolls up dengan es krim

Buah gulung dengan es krim, populer di TikTol pada bulan puasa Ramadhan dan lebaran. Sajian ini memiliki tekstur yang unik, yaitu renyah bertemu dengan kelembutan es krim. Cara membuatnya juga mudah, karena banyak bisa dibeli buah gulung yang tipis dan sekotak es krim.

6. Frozen sour strips

Unggahan TikTok telah lama membuat viral makanan-makanan beku untuk bersenang-senang. Menu yang satu ini tergolong baru, frozen sour strips, berupa potongan permen tipis yang asam bermandi gula lalu dibekukan. Sebelum dibekukan, permen ini memiliki tekstur yang kenyal. Warganet bereksperimen dengan membekukan permen tersebut untuk mengubah tekstur menjadi renyah. Banyak yang mencoba-coba waktu, ada yang cukup 7 jam tetapi efek akan terasa renyah setelah permen kenyal dibekukan selama sehari.

7. Million-dollar spaghetti

Variasi makanan unik di TikTok yang tren tahun ini, selanjutnya adalah “spaghetti sejuta dolar”. Cara membuatnya: Rebus spageti, masukkan ke dalam loyang, lalu olesi dengan saus bechamel yang creamy. Kemudian, taburi dengan saus tomat yang kental dan panggang dengan banyak keju di atasnya hingga berwarna cokelat keemasan.

8. Biscoff tiramisu

Meskipun ide penggunaan kue Biscoff untuk Tiramisu bukanlah hal baru, popularitasnya yang sangat besar di TikTok sepanjang April 2022 hingga saat ini. Dapat ditelusuri kembali, video di TikTok viral dari @dolcebakes_ yang mencapai hampir lima juta penayangan. Resepnya menjadi sangat populer sepanjang bulan Ramadhan, dengan banyak pembuat konten muslim yang merekam video mereka menyiapkan tiramisu untuk berbuka puasa. Terbuat dari kue Biscoff yang direndam kopi dan campuran krim kocok dan mascarpone yang lezat.

makanan unik yang viral 2023
Ilustrasi makanan unik yang viral di TikTok 2023 (Freepik/repinanatoly)

Itulah kedelapan makanan unik yang viral tahun 2023 di TikTok. Apakah Anda suka bereksperimen atau mencoba-coba hal unik yang menyenangkan, termasuk mencicipi daftar makanan di atas?