Bagikan:

YOGYAKARTA - Bicara soal bisnis food and beverage (f&b) memang amat menarik. Mengingat bisnis ini cukup popular karena peluang pasar yang luas. Namun, tak sedikit dari bisnis ini yang gulung tikar karena persaingan bisnisnya yang keras. Salah satu penyebabnya ialah masalah cara menentukan lokasi bisni f&b yang baik.

Terkadang bagi para pebisnis masalah lokasi memang kerap jadi masalah nomor dua, yang penting harga sewanya terjangkau. Padahal masalah lokasi amat menentukan bagaimana masa depan bisnis f&b kalian. Nah, kali ini ada beberapa tips agar kalian bisa melakukan bisnis f&b dengan baik dan tak banyak menguras kantong.

Cara Menentukan Lokasi Bisni F&B

1. Memilih Lokasi yang Mudah Dijangkau

Sebenarnya di era modern seperti ini tidaklah harus dengan memiliki lokasi bisnis yang ada di pinggir jalan besar. Kalau kalian melihat tren “Hidden Gem” untuk resto dan cafe tentunya ini bisa jadi sebuah peluang besar.

Tapi yang harus diingat ialah lokasi bisnis kuliner kalian yang mudah untuk dijangkau orang.  Terlebih untuk Delivery Online, agar customer kalian bisa memesan menu hidangan yang kalian bisniskan.

Pilih lokasi bisnis yang memiliki akses yang baik, sudah diaspal atau dicor beton agar orang lain mudah untuk kelokasi bisnis anda. Kalau jelek akses jalannya orang pasti bakal malas untuk kesana.

2. Pilih Lokasi yang Sedang Berkembang

Bila Kalian baru merancang bisnis untuk membuka bisnis f&b dalam waktu yang lama, misal dalam jangka waktu 5-10 tahun mendatang. Hendaknya pilih posisi ataupun wilayah yang sedang berkembang. Kenapa memilih posisi yang lagi berkembang dan tidak memilih yang sudah berkembang?

Perihal ini disebabkan tanah di tempat tersebut mempunyai harga yang relatif lebih murah dibandingkan tempat yang telah betul-betul berkembang, yang mana harga tanahnya tentu begitu mahal.

Bila Kalian masih ragu-ragu tentang perkembangan wilayah tersebut, Kalian dapat melangsungkan riset mandiri tentang wilayah tersebut, seperti apa kondisi tanahnya, apakah ada pusat perbelanjaan ataupun pusat perkantoran ataupun paling tidak lagi ada proyek pembangunan apa di situ, semacam sekolahan, perumahan, rumah sakit serta lain-lain.

Tanyakan pula dengan orang sekitar tentang latar belakang serta history wilayah tersebut biar makin percaya buat membeli tanah di posisi tersebut.

3. Pilih Posisi dengan Lahan Parkir yang Luas

Parkir pula jadi salah satu aspek yang membuat orang ingin datang ke posisi usaha f&b Kalian, khususnya buat wilayah yang belum memiliki transportasi publik yang mencukupi. Bila Kalian berbisnis f&b yakinkan ada lahan parkir paling tidak pas buat 3 mobil serta 10 motor, lah.

4. Pilih Posisi Tanah yang Mudah Dibangun

Pilihlah posisi tanah yang gampang dibangun, artinya jauhi posisi tanah yang miring, kesusahan akses air, serta terletak di dekat rawa-rawa. Tanah semacam ini kurang sesuai buat usaha sebab dapat membuat Kalian terus merugi akibat perbaikan bangunan secara terus menerus.

Itulah beberapa cara yang dapat Kalian pakai dalam memilih lahan buat posisi bisnis f&b, khususnya buat Kalian yang ingin memiliki lahan buat usaha sendiri.

Membangun bisnis memanglah butuh persiapan yang matang serta penuh perhitungan, begitu pula dengan memilih tanah buat posisi usaha, terlebih bila modal usaha Kalian tidak begitu besar. Jadi harus dipikir masak-masak ya sesuai budget dan kemampuan kalian.

Jadi setelah mengetahui bagaimana cara menentukan lokasi bisni f&b yang tepat, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!