Bagikan:

YOGYAKARTA - Kuliner adalah pilihan bisnis yang nggak ada matinya atau tidak pernah kehilangan konsumen. Bisnis ini menjual produk yang menjadi kebutuhan primer manusia, yaitu makan. Jenis usaha ini disebut dengan bisnis F&B atau layanan makanan & minuman. 

Layanan F&B adalah bisnis jasa yang berhubungan dengan makanan dan minuman. F&B mengacu pada pelayanan dan penyajian suatu hidangan atau makanan kepada pelanggan. Jenis bisnis ini sangatlah beragam dan mudah ditemukan di sekitar, mulai dari lingkup kecil hingga besar. 

F&B menjadi pilihan bisnis karena menawarkan keuntungan yang sangat menjanjikan. Pilihan produk dan konsep bisnisnya pun sangat beragam. Lantas apa saja jenis-jenis F&B dan tanggung jawabnya?

Apa Itu Layanan F&B?

Food & Beverage service adalah jasa penyajian dan pelayanan hidangan, mulai dari produk makanan hingga minuman. Sejumlah ahli bisnis mengatakan bahwa F&B service adalah usaha yang bertanggung jawab dalam pelayanan untuk menyediakan kebutuhan makanan dan minuman. 

F&B bisa diartikan sebagai bisnis atau jasa pelayanan makanan dan minuman cepat saji kepada pelanggan. Contoh bisnis F&B yang mudah ditemukan, seperti warung makan, restoran, kafe, dan lainnya. Jenis bisnis ini tidak hanya berfokus pada produk yang dijual, namun juga memberikan pelayanan yang baik agar konsumen merasa nyaman menyantap hidangan.

Layanan F&B Jenis-Jenis

Ada banyak sekali jenis-jenis layanan bisnis F&B yang mudah ditemukan. Berikut berbagai jenis bidang pelayanan food & beverage. 

Restoran

Restoran menjadi salah satu jenis layanan food & beverage. Restoran merupakan tempat makan yang dikelola secara komersial untuk memberikan layanan makanan dan minuman kepada pembeli atau konsumen. 

Perjamuan

Jenis bisnis F&B lainnya yang juga biasa kita temukan adalah perjamuan Jenis bisnis yang satu ini melakukan pelayanan makanan dan minuman khusus saat ada acara. Layanan ini biasanya digunakan untuk menggelar pesta atau pertemuan jamuan makan. Anda perlu memesan jamuan jauh-jauh hari sebelum hari H atau waktu pelaksanaannya. 

Pihak penyedia jasa akan menyajikan hidangan makanan dan minuman sesuai pesanan yang telah anda booking. Saat melakukan pemesanan, Anda akan menyampaikan waktu acara, jumlah peserta, hingga menu yang dipesan. Banyak dari jenis pelayanan ini yang menyediakan tempat serbaguna khusus untuk pertemuan. 

Batang

Jenis bisnis yang satu ini memang identik dengan minuman beralkohol. Bar termasuk dalam jenis layanan F&B karena menyediakan produk konsumsi berupa minuman. Sebenarnya bar juga menyediakan minuman tidak beralkohol. Saat memesan minuman di bar, pesanan anda harus diminum saat itu juga. Jadi anda tidak boleh membawa minuman pulang atau konsep take away.

Steward

Steward juga termasuk dalam layanan F&B service. Steward bertugas untuk merawat dan mengurus semua peralatan makan dan memasak. Semua peralatan untuk mengolah dan menyajikan makanan akan diurus oleh steward.  Ia juga bertanggung jawab pada operasional di dapur. 

Room Service

Room service juga termasuk dalam bisnis F&B. Room service  biasanya menyediakan pelayanan makanan dan minuman ke kamar costumer, baik di hotel, guest house, atau bentuk penginapan lainnya. Tamu penginapan dapat memesan layanan F&B melalui telepon yang biasanya tersedia di setiap kamar. Setelah anda diproses, pegawai hotel akan mengantarkan makanan pesanan anda ke kamar. 

Tujuan F&B Service

Bisnis F&B service memiliki beberapa tujuan, sebagai berikut:

  • Menyediakan, menawarkan, dan melayani pelanggan atau konsumen yang membutuhkan makanan dan minuman. 
  • Memberikan kepuasan kepada pelanggan, khususnya dari segi layanan F&B.
  • Memperoleh keuntungan bisnis untuk sumber penghasilan, yang bisa meningkat. 
  • Menjalin hubungan baik antara bisnis F&B dengan pelanggan. 
  • Meningkatkan reputasi bisnis dalam hal pelayanan food and beverage. 

Itulah penjelasan dari F&B service serta jenis-jenis bisnisnya yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. F&B service tidak hanya fokus pada produk yang dijual, namun juga pada pelayanannya. Jenis bisnis ini selalu mengutamakan kenyamanan dan kepuasan dari konsumen atau pelanggan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.