Apa itu Negatif <i>Self-Talk</i>? Simak Pengertian, Dampak, dan Cara Menghilangkannya
Ilustrasi (Foto: Pixabay/Geralt)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Apa itu negatif self-talk? Ini adalah sebuah istilah yang digunakan untuk mendefinisikan sebuah percakapan yang dilakukan dengan diri sendiri dan bersifat negatif.

Negatif self-talk biasanya terjadi secara sadar maupun tidak sadar. Self-talk yang bersifat negatif bisa menghambat seseorang untuk memunculkan kemampuan terbaiknya.

Untuk lebih jelasnya, simak informasi tentang pengertian negatif self-talk, Dampak beserta cara mengatasinya dalam artikel berikut ini.

Apa itu Negatif Self Talk?

Dikutip dari laman Very Well Mind, Minggu, 12 November 2023, negatif self-talk adalah dialog batin tentang segala ketidakmampuan, keburukan, ketidakpercayaan pada kemampuan diri sendiri untuk mencapai potensi tertentu.

Negatif self-talk juga didefinisikan sebagai pikiran negatif yang mengurangi kemampuan seseorang untuk menciptakan perubahan positif dalam hidup atau menghilangkan rasa percaya diri seseorang.

Dialog negatif pada diri sendiri tidak hanya membuat stres, namun juga dapat menghambat kesuksesan seseorang.

Negatif self-talk dapat berupa hal-hal sederhana seperti “saya tidak ahli dalam hal ini, jadi ada baiknya saya menghindarinya”, atau bisa juga “saya tidak bisa melakukan sesuatu dengan benar”, dan lain sebagainya.

Negatif self-talk yang dibiarkan secara terus menurus dapat menjelma menjadi rasa takut. Itulah alasan mengapa dialog negatif dalam batin bisa membuat seseorang gagal menampilkan kemampuan terbaiknya.

Bahaya Negatif Self-Talk

Sering melakukan percakapan negatif terhadap diri sendiri bisa memberikan dampak yang kurang baik, di antaranya:

  • Selalu berpikiran sempit: Misalnya, Anda meyakini bahwa diri Anda tidak bisa melakukan sesuatu. Semakin sering Anda mendengar ucapan tersebut, tanpa sadar Anda akan semakin mempercayai bahwa ungkapan tersebut benar.
  • Menjadi perfeksionis: Seseorang yang memiliki negatif self-talk akan punya pemikiran bahwa sekedar “bagus” saja tidaklah cukup. Sesuatu harus dilakukaan dengan “sempurna”.
  • Depresi: Negatif self-talk yang taak segera diatasi dapat membuat seseorang menjadi depresi.
  • Kehilangan rasa percaya diri: Seseorang yang kerap melontarkan kritik negatif terhadap diri sendiri bisa minder dan kehilangan rasa percaya diri.

Cara Menghilangkan Negatif Self-Talk

Telah disinggung di atas bahwa negatif self-talk bisa memberikan dampak yang kurang baik untuk diri sendiri.

Nah, supaya Anda menjadi pribadi yang lebih positif, simak cara menghilangkan negatif self-talk berikut ini:

  • Lihat ke dalam diri sendiri secara lebih akurat: Bagian otak dirancang untuk memindai masalah. Artinya, otak akan mengunci kelemahan dan memperbesarnya. Dengan terbuka terhadap gagasan bahwa pikiran Anda mungkin memutarbalikkan kebenara, Anda dapat membiarkan kritik dan negatif self-talk supaya tidak mengganggu. Cara ini bisa membuat Ada lebih percaya diri ketika Anda tidak merasakan apa-apa.
  • Fokus pada sifat baik: Menurut Popa-Erwin, pendiri The NYC Life Coach, manusia cenderung sulit melupakan rasa sakit namun mudah melupakan sesuatu yang membuatnya Bahagia. Untuk menghilangkan negatif self-talk, ia menyarankan orang-orang untuk melihat ke cermin dan menemukan tigaa haal yang disukai dari diri sendiri setiap harinya selama tiga bulan.
  • Taklukkan suasana hati: Supaya negatif self-talk menghilang, Anda disarankan untuk mengabaikan kebencian ketika sedang merasa sedih. Saat suasana hati sedang buruk, Anda akan berpikir memiliki semua jenis masalah. Sebaliknya, ketika suasana hati berubah menjadi baik, masalah yang Anda hadapi tidak terlihat begitu besar.

Demikian informasi tentang apa itu negatif self-talk. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.