Sering Meragukan Diri Sendiri, Begini 5 Cara Mengatasi <i>Self-Talk</i> Negatif
Ilustrasi cara mengatasi self-talk negatif (Unsplash/Sergiu Valenas)

Bagikan:

JAKARTA – Negatif self-talk dapat memengaruhi harga diri seseorang. Bahkan meragukan diri sendiri juga bisa memengaruhi kinerja kognitif dan motorik, melemahkan fokus, dan membuat banyak kesalahan. Menurut pekerja sosial dan penulis yang sering bekerja menangani remaja dengan gangguan mental seperti schizophrenia, Katherine Schreiber, MFA., LMSW., menilai diri sendiri buruk tidak akan membuat kita bahagia.

Untuk mengatasi negatif self-talk yang jadi meragukan diri sendiri, bisa dengan melakukan rekomendasi Schreiber di bawah ini.

1. Buat jurnal harian

Jurnal harian penting, sebab dengan menuliskan pernyataan negatif tentang diri sendiri bisa membantu membangun perspektif baru. Pernyataan diri negatif tidak jelas tetapi ekstrim, seperti “Saya payah”, atau “Tidak ada yang mencintaiku”.

Begitu pernyataan tersebut dituliskan, bantahan yang berpijak pada kenyataan bisa mengubah pikiran negatif jadi sebaliknya. Misalnya ketika Anda merasa payah, orang tercinta disamping Anda tidak bisa menerima jika seseorang mengatakan Anda orang yang payah. Peristiwa yang bertentangan sebagai pernyataan balasan menetralisir keraguan dalam diri.

2. Afirmasi berbasis fakta

Saran Schreiber, afirmasi terhadap apa yang sudah dicapai bisa dilakukan. Salah satunya dengan membuat daftar berbasis fakta dari yang paling bermakna hingga tak berarti. Tuliskan juga tentang keunduran yang telah diatasi. Afirmasi, menurut Shreiber adalah peneguhan bahwa Anda mampu melalui banyak hal artinya tak perlu meragukan diri sendiri.

3. Pelajari tentang kesalahan orang lain

Cara ini menunjukkan bahwa kita bukan satu-satunya orang yang melakukan kesalahan dan mengacaukan sesuatu. Setiap orang memiliki kesalahan, dan momen tersebut bisa dijadikan pelajaran bagi subjek maupun bagi Anda.

Cobalah bertanya pada orang terdekat Anda, kesalahan terbesar apa yang telah dilakukan dan menimbulkan kekacauan. Mereka mungkin akan banyak bercerita tentang bagaimana melewati situasi tersulit dan berbesar hati setelah mengatasinya.

4. Lakukan sesuatu yang membuat Anda merasa lebih baik

Membantu orang lain, salah satu contohnya, dapat membuat Anda merasa lebih baik. Hal kecil yang Anda lakukan untuk orang lain, seperti membuka pintu, mengucapkan terimakasih, atau membantu kolega yang membutuhkan seringkali membantu kita melihat diri bernilai.

5. Habiskan lebih banyak waktu dengan orang lain yang mendukung

Menghabiskan waktu dengan orang-orang yang mengkritik Anda atau membuat kepercayaan diri menurun, tidak akan membuat Anda merasa nyaman. Maka ketika itu tak dapat dihindari, mintalah bantuan pada teman, keluarga, atau kolega yang memvalidasi perspektif Anda, menghormati, dan mendorong Anda untuk berjuang mencapai tujuan.

Itulah cara yang direkomendasikan untuk mengatasi negatif self-talk pun meragukan diri sendiri. Alih-alih meratap dan menyendiri, lebih baik membuka diri dan menemukan hal positif.