Putri Marino dan Arya Saloka Banyak Ngobrol untuk <i>Gadis Kretek</i>
Arya Saloka - Putri Marino (Netflix Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Putri Marino dan Arya Saloka beradu peran dalam serial Gadis Kretek. Mereka memerankan Arum dan Lebas dari masa modern yang menjadi sisi lain cerita selain Dian Sastrowardoyo dan Ario Bayu.

“Saya berperan sebagai Arum yang muncul di bagian terakhir novel tapi saya dapat kesempatan untuk mengeksplor dalam serialnya. Dia dokter perempuan, mandiri dan hanya memikirkan 2 hal ibu dan pekerjaan,” kata Putri Marino dalam konferensi pers di Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu, 1 November lalu.

“Saya berperan sebagai Lebas. Lebas ini anak yang bebas terlahir dari keluarga luar biasa sangat mampu agak bertolak belakang. Lebas ini dia bisa melihat dunia dari perspektif berbeda karena bertemu Arum,” kata Arya Saloka.

Keduanya banyak disatukan dalam beberapa adegan sehingga mereka banyak berlatih bersama untuk mendalami karakter yang saling bersinggungan.

“Aku dan Arya banyak berdiskusi dengan mas Ifa (Isfansyah) dan mba Dini (Kamila Andini) untuk menyempurnakan karakter. Banyak ngobrol berdua juga,” kata Putri Marino.

Berbeda dengan Putri, Arya Saloka melakukan inisiatif untuk membangun nuansa tahun 2001. Hal ini serupa dengan Dian Sastrowardoyo yang mengaku sempat berhenti mendengarkan musik modern.

“Saya dan Putri karena eranya tahun 2001, jadi banyak mendengar musik di tahun segitu. Memang saya setiap syuting selalu bawa speaker jadi kita setel dan nyanyi bareng,” lanjut Arya.

“Dan balik lagi, persiapaannya cukup lumayan menegangkan karena saya cukup lama dalam satu tokoh, syuting tv dan karakternya cukup nempel,” kata Arya Saloka.

Kamila Andini sebagai sutradara merasa ada tantangan untuk menghubungkan masa lampau dengan modern. Namun, ia dan Ifa tidak ingin serial ini terlalu menonjolkan masa lalunya saja.

“Ada hubungan setiap cerita dengan ruang dan waktu. Tidak hanya menghidupkan karakter tapi dari ruang waktu, settingan, kita harus menjahit semua era dan waktu. Tapi sebagai sutradara, kita mau ini jadi tontonan masa sekarang,” kata Kamila Andini.

Serial Gadis Kretek dengan 5 episode sudah tersedia untuk ditonton di Netflix.