Sambil Menangis di Depan Deddy Corbuizer, Kartika Putri Ungkap 4 Alasan Laporkan dr Richard Lee
Kartika Putri dan dr. Richard Lee (Tangkapan Layar YouTube dr. Richard Lee, MARS)

Bagikan:

JAKARTA - Kartika Putri buka suara lewat podcast Deddy Corbuizer tentang keputusannya melaporkan dr Richard Lee. Awalnya, dr. Richard kerap mengedukasi masyarakat tentang produk-produk skincare yang mengandung bahan-bahan berbahaya. Rupanya salah satu produk yang disebutkan adalah produk yang di-endorse Kartika Putri.

Kemudian, Kartika Putri membuat konten bersama pemilik produk kecantikan tersebut dan sempat membahas soal dokter Richard, Karput tampak tak terima produk endorsement-nya itu disebut berbahaya. Mereka sempat bertemu dengan niat berbagi informasi. 

Namun, dokter Richard merasa dijebak pada momen tersebut karena Karput membawa pengacara pada waktu itu. Terlebih Karput juga mengirimkan somasi dua kali. 

"Yang ramai pada saat ending doang, netizen enggak tahu nih awalnya. Seakan-akan aku membela produk yang tidak baik dan mencelakai banyak orang dan tidak mendukung edukasi orang (Richard Lee) tersebut," katanya saat menjadi tamu di podcast Close the Door milik Deddy Corbuzier dan ditayangkan pada Rabu, 10 Februari 2021.

Perempuan yang biasa disapa Karput ini mengatakan, hingga kini, ia belum menerima kerja sama dengan produk yang dikatakan Richard Lee abal-abal dan mengandung hydroquinone yang berbahaya bagi tubuh. "Saya baru buat konten di Youtube, saya undang owner produk itu, saya pertanyakan semua, kerja sama endorsenya nanti di Instagram," ucapnya. 

Kartika Putri mengatakan ingin menyampaikan apa yang selama ini dirasakannya kepada Deddy karena sudah terlalu banyak opini negatif yang diarahkan kepada dia dan keluarganya. 

"Kalau aku pribadi dihina aku pas syuting sudah biasa. Tapi ketika ada suami aku yang aku hormati, anak aku dihina anak keluarga anjing. Terus hijrah aku dipermasalahkan, percuma pakai jilbab panjang kalau masih jahat sama orang lain. Dari kecil diajarin kalau nggak bisa berbuat baik sama orang lain, minimal nggak berbuat jahat. Ketika suami saya dijatuhkan, anak saya diserang, anak-anak saya jadi korban, saya pikir saya butuh speak up. ini bukan masalah pribadi lagi," kata Kartika Putri dikutip dari kanal YouTube Deddy Corbuizer, Kamis, 11 Februari. 

Kartika Putri mengaku sangat terganggu dengan masalah ini. Dia mengakui sengaja mematikan kolom komentar di sosial medianya karena perseteruannya dengan dr Richard Lee. 

"Saya sampai matiin kolom kumentar itu betul. Karena saya tidak kuat melihat itu semua. Dan saya nggak mau membuat orang terinspirasi menghina mencaci maki di sosial media saya," jelasnya. 

Keputusan Kartika Putri melaporkan Richard karena merasa diserang secara pribadi. 

"Kewajiban saya sebagai ibu dan istri jadi tidak berjalan dengan baik. Saya terganggu, makanya saya somasi supaya berhenti, tapi dia tidak berhenti. Makanya saya buat laporan. Mungkin polisi bisa membuatnya berhenti," papar Kartika Putri. 

4 Alasan Pelaporan

Setelah berbincang lama, Deddy meminta Kartika Putri memberikan penegasan alasan yang mendasarinya melaporkan dr Richard Lee. Berikut alasannya:

1. Kartika Putri tak terima uang endorse produk tersebuyt. "Saya dibilang terima produk hanya terima orangnya, nggak mikirin orang lain terkena akibatnya, bahayanya. Serigala berbulu domba, dibilang artis nggak laku cari uang dari uang damai," jelasnya. 

Dia lantas menjelaskan setelah menikah memang Kartika sangat selektif menerima tawaran tampil di televisi. "Ya masak saya sudah pakai baju begini mau joged-joged di TV? Kan harus selektif terima tawaran," katanya. 

2. Ucapan dr Lee yang meyinggung penampilannya juga membuatnya tidak terima. "Dia bilang, semua tenang, jangan percaya artis itu. Penampilan nggak jamin ya sama ucapan. Menggiring ke arah yang tidak masuk ke edukasi dia. Kan ini bicarakan produknya harusnya, bukan ke pribadi," papar Karput. 

3. Setelah memberikan somasi dan laporan, Kartika sebenarnya cuma ingin dr Richard Lee berhenti. Namun, melihat Richard membuat petisi, Kartika semakin yakin untuk melaporkn. "Pas dipanggil sebagai saksi membuat petisi dan mengkaitkan lembaga negara. Selamatkan dia, saya ngapain dia? Saya nggak ngapa-ngapain," tegasnya.

4. Perihal video yang diuanggah dr Richard Lee yang mengatakan dirinya menjebak karena datang bersama pengacara, Kartika Putri juga tidak terima. "Banyak kebohongan publik yang dibuat dia. Saya datang sama paman dan kakak saya karena mereka memang pengacara. Saya dibilang menjebak. APdahal pengacara dia juga datang tapi terlambat. Ada tim video yang mereka juga kan," paparnya. 

Merasa Lega

 

 

 

 

 

View this post on Instagram

Usai membuat klarifikasi dan penjelasan bersama Deddy, Kartika Putri mengaku lega. Dia mengunggah potongan video klarifikasinya di Instagram. 

"BISMILLAHIRROHMANIRROHIM. SAYA MEMBUAT KLARIFIKASI PERDANA!!! KARENA SAYA MENUNTUT KEADILAN ATAS PELANGGARAN HUKUM YANG DIA LAKUKAN!! DISINI SAYA BUKAN MENCARI PEMBELAAN..!!! HATERS GONNA BE HATE !!DAN SAYA TAU ITU," tulis Kartika Putri di Instagram miliknya.

"TAPI AT LEAST SAYA LEGA MEMBOKAR SEMUA GIRINGAN OPINI NEGATIVE YANG TERJADI AGAR TIDAK MELAKUKAN HAL YANG SAMA KE ORANG LAIN DAN SEENAK ENAK NYA SENDIRI DALAM BERBICARA DAN BERBUAT!! NEGARA INI MEMILIKI ATURAN YANG HARUS KITA HARGAI DAN HORMATI... SEMOGA KEADILAN DITEGAKKAN!!!" papar Kartika Putri lagi.

Makin Dihujat Netizen 

Setelah video tersebut diunggah, netizen justru banyak memberikan komentar hujatan kepadanya di kolom komentar. "Yang nyenggol-nyenggol duluan dia, pas disenggol eh ga terima,diserang netizen dia dibilang followersnya dr. Richard yang nyerang. Dr Richard tuh niatnya baik padahal, banyak orang yang terselamatkan karena dia. Cuman kalau dah gengsi mengakui kesalahan yaa gimanaa wkwk," tulis Ed Ji. 

"Kemarin semangat mojokin dokter, sekarang nangis bilang difitnah. Mohon maaf tetep respect ke dr.ricard, yg dengan jelas chanel youtubenya bersifat mengedukasi bukan main drama dramaan," tulis Ahsanul Laily.