6 Kunci Kesuksesan Raffi Ahmad
Raffi Ahmad (Foto: IG @raffinagita1717)

Bagikan:

JAKARTA - Truk bergambar Raffi Ahmad yang ditulisi pesan agar tak lupa bahagia dan mengingatkan banyak hal cara orang mencapai kesuksesan sempat viral. Kata-kata itu terinspirasi oleh kesuksesan Raffi. 

"Kalau mau sukses, harus mau capek. Kalo belum capek, jangan dibilang sukses! Jadi capek itu wajar. Tak ada orang sukses tanpa melewati proses dengan capek," demikian tulisan di belakang badan truk tersebut. 

Banyak mungkin yang ingin mencapai sukses seperti Raffi. Namun, tak banyak yang mengetahui perjuangan suami Nagita Slavina tersebut sangat panjang. 

Seperti apa kisah dan perjalanan karir Raffi Ahmad? Dalam video Semprod yang diunggah YouTube Channel KUY Entertaiment. Dalam video tersebut Raffi berbincang akrab dengan Gading Marten, Uus, Andhika, dan Boris hingga terkuak 6 kunci kesuksesan Raffi Ahmad. 

1. Siap Capek

Raffi menyebut apa yang tertulis dalam truk yang viral itu benar dan sesuai dengan prinsip hidupnya. "Gue hobi kerja, sudah addict dari kelas 3 SMP. Enggak pernah santai sama keluarga sampai berjam-jam, kerja terus," ujar Raffi. 

Jadwal yang padat bahkan membuat Raffi tak punya cukup waktu untuk menikmati kebersamaan keluarga. "Setiap hari kan pulang jam 2-3, istri sudah tidur. Pagi berangkat paling siang jam 7. Pernah jam 12 malam enggak bisa tidur, lihat Gigi enggak bisa tidur juga. Dia nanyain ngapain ya kita? Terus ciuman, kayak lupa mesra. Sampai gue bingung, kemarin ke mana aja ya," papar Raffi. 

2. Selalu Inget Teman

"Pas Raffi keliling dunia selama 4 bulan, Raffi langsung ngasih rekomendasi supaya gue yang gantiin. Tapi gue-nya yang eenggak mau. Dia selalu inget teman," ujar Gading.

3. Pantang Menyerah

Banyak yang melihat bisnis Raffi selalu berhasil. Padahal, Raffi juga sering gagal. Namun, dia tak pernah menyerah.

"Dari bisnis gua yang puluhan, yang sukses cuma bisa diitung pakai jari. Tapi sekalinya sukses jackpot. Bisnis gue banyak juga yang gagal. Semua bisnis gua pecah kongsi. Cuma film yang bertahan," kata Raffi Ahmad

4. enggak Pernah Ngeluh

Sementara Andhika punya pendapat berbeda tentang kunci sukses Raffi. 

"Gue kalau syuting sampai jam tiga pagi sudah resah, kapan selesainya ya. Kalau Raffi itu cuma bilang ngantuk nih, makan permen. Gue eenggak pernah punya komitmen sebesar dia. Gue orangnya suka menggerutu," terang Andhika. 

5. Bersyukur

Apa yang membuat Raffi Ahmad berhasil? Rasa syukur. Ayah dari Rafathar ini mengaku selalu ingat masa perjuangan saat capek. Dia bersyukur karena apa yang dicapai pendapatannya melebihi masa beratnya dulu. 

"Gue pernah kerja stripping sinetron, dari pagi sampai malam. Sekarang MC satu hari 1-4 jam. Gue inget aja zaman dulu aja kerja keras lebih parah hasilnya segitu tapi hasilnya jauh di bawah pendapatan sekarang. Jadi bersyukur," jelasnya.

6. Tulus Membantu

Raffi mengaku selalu ingin berbuat baik. Pengalaman hidup mengajarkannya banyak kebaikan yang diterima dan mengantarkannya menjadi sukses. "Karena kita ngerasain dari bawah banget. Dari casting, pas kita dapat sesuatu da ditolong orang itu senang banget. Dulu itu Chico Jericho dan Faisal Arab itu sampai sekarang enggak pernah lupa. Itu gue dari Gambir sama nyokap gue, gue turun di Sarinah ketemu mereka. Karena gue tahu mereka senior di cover boy, gue nyapa. Ditanya mau kemana? mau casting ke Kemang, habis itu ngejar kereta mau pulang. Enaknya naik apa? Bajaj atau apa?," kenang Raffi.

"Mereka kaget. Dianterin sama mobil mereka, dari situ gue bisa balik ke Gambir. Kalau enggak dianterin sama mereka enggak bakal sampai balik naik kereta lagi. Itu kalau enggak dianterin sama mereka, buat mereka mungkin enggak biasa saja. Tapi gue enggak pernah lupa karena nyokap gue aja duit pas-pasan banget," lanjutnya.