Semoga Raffi Ahmad Tak Hadiri Pesta Lagi Usai Divaksinasi
Raffi Ahmad dan Presiden Jokowi usai divaksinasi tahap 2 (Foto: IG @raffinagita1717)

Bagikan:

JAKARTA - Dua minggu setelah vaksin COVID-19 pertama disuntikkan, Raffi Ahmad kembali disuntik vaksin tahap kedua. Semua berharap influencer generasi milenial ini bisa memberi contoh anak muda agar tidak takut divaksinasi. Sebaliknya, masyarakat juga berharap Raffi tidak teledor lagi memberi contoh berpesta usai divaksin. 

Kilas balik, Raffi Ahmad sempat membuat netizen heboh karena terlibat kerumunan pesta usai mendapatkan vaksin COVID-19 pertama kali pada 13 Januari. Keributan mencuat usai foto raffi tersebar di media sosial bersama istrinya, Nagita Slavina, berfoto tanpa mengenakan masker dan menjaga jarak dengan sejumlah orang di antaranya Gading Marten dan Anya Geraldine.

Raffi langsung mengaku teledor dan meminta maaf atas kegaduhan yang timbul karena foto tersebut. Meskipun pada akhirnya, Raffi dinyatakan tidak bersalah. 

Polda Metro Jaya menyebutkan, acara pesta ulang tahun yang dihadiri Raffi Ahmad tidak memenuhi unsur Pasal 93 tentang Kekarantinaan Kesehatan. Hal ini dipastikan setelah melakukan gelar perkara.

"Sehingga alasan yuridis pada Pasal 93 jo Pasal 9 Undang-Undang nomor 6 tahun 2018 tentang kekarantinaan kesehatan ini berdasarkan hasil gelar perkara itu tidak terpenuhi, temasuk peraturan daerah dan aturan Kemenkes," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Kamis, 21 Januari.

Tak terpenuhi unsur pelanggaran, kata Yusri, karena acara itu tidak melibatkan orang banyak. Meski jumlah tamu undangan 18 orang tapi rumah yang dijadikan lokasi acara berkapasitas 200 sampai 300 orang.

Selain itu, acara itupun menerapkan protokol kesehatan. Sebab, para tamu undangan mesti menjalani rangkaian pemeriksaan kesehatan, termasuk tes swab.

"Karena sifatnya privacy (Pribadi), tapi dihadiri 18 orang tapi sudah dilakukan dengan prokes baik itu tes suhu, swab antigen juga tidak ada undangan, ini teman-teman datang spontanitas tanpa diundang ke kediaman saudara GR," kata Yusri.

Sadar bahwa setiap gerak-geriknya menjadi panutan bagi follower-nya, Raffi Ahmad semakin peduli dengan protokol kesehatan. Dalam beberapa kali unggahan di Instagram, Raffi menyebut tak bisa menghadiri beberapa acara karena takut menimbulkan keramaian dan tidak bisa menjaga jarak. 

Pesan Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan seluruh masyarakat untuk tetap menaati protokol setelah mendapatkan vaksinasi COVID-19. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan virus.

"Ya meskipun nantinya sudah divaksin, kita tetap jangan lupa protokol kesehatan tetap dijaga secara disiplin. Memakai masker, mencuci tangan, jaga jarak," kata Jokowi usai menerima vaksinasi COVID-19 di Istana Negara, Rabu, 27 Januari.

Menurutnya, penerapan protokol kesehatan adalah kunci dari pengendalian COVID-19 di tengah masyarakat selain pemberian vaksinasi.

"(Protokol kesehatan, red) ini penting karena kuncinya juga ada di situ selain vaksinasi. Kunci kedua adalah menjaga protokol kesehatan, hindari kerumunan, kurangi mobilitas kemana-mana," tegasnya.