Perseteruan Kartika Putri dan Dokter Richard Lee Angkat Kritisme soal <i>Endorsement Skincare</i>
Kartika Putri dan dr. Richard Lee (Tangkapan Layar YouTube dr. Richard Lee, MARS)

Bagikan:

JAKARTA - Perseteruan dr. Richard Lee dan Kartika Putri berbuntut panjang. Awalnya, dr. Richard kerap mengedukasi masyarakat tentang produk-produk skincare yang mengandung bahan-bahan berbahaya. Rupanya salah satu produk yang disebutkan adalah produk yang di-endorse Kartika Putri.

Kemudian, Kartika Putri membuat konten bersama pemilik produk kecantikan tersebut dan sempat membahas soal dokter Richard, Karput tampak tak terima produk endorsement-nya itu disebut berbahaya. Mereka sempat bertemu dengan niat berbagi informasi. 

Namun, dokter Richard merasa dijebak pada momen tersebut karena Karput membawa pengacara pada waktu itu. Terlebih Karput juga mengirimkan somasi dua kali. 

Tak mau masalah berlanjut, dokter Richard meminta maaf secara terbuka dan menganggap masalah selesai. Namun, dokter Richard mendapatkan surat panggilan dari pihak kepolisian artinya Kartika Putri memutuskan membawa kasus ini ke ranah hukum.

Lewat unggahan YouTube, Dokter Richard mengutarakan kekesalannya. "Saya dapat undangan dari polisi terkait si artis tadi, artis yang sombong, songong itu ya. Artis yang enggak tahu diri. Sorry banget buat yang nge-fans. Menurut saya dia benar-benar enggak tahu diri, kurang ajar," ucap dokter Richard. 

"Orang sudah ngalah, ini masih enggak tahu diri, heran saya. Dia minta maaf sedikit saja enggak ada, saya enggak usik, lho. Ini kurang ajar, sih. Dia melunjak, kita udah minta maaf sampai tiga kali, kurang ajar dia. Harus dikasih pelajaran ini," lanjutnya. 

Dokter Richard pun akhirnya berdiskusi dengan kuasa hukumnya. Ia ingin melaporkan balik Kartika ke polisi. "Saya juga laporin ke polisi, dan saya enggak pakai somasi ke kamu. Maaf kalau saya masih emosi, meledak-ledak. Karena ini kayak dipermainkan," ujarnya.  dr. Richard yang merasa dipermainkan berencana untuk melaporkan balik Kartika ke pihak berwajib. 

Perseteruan Kartika Putri dan dr. Richard Lee menunjukkan pentingnya influencer memahami produk yang mereka endorse. Bukan cuma nilai nominal yang harus mereka pertanggungjawabakan, tetapi juga pertanggungjawaban moral kepada pengikutnya. Influencer memiliki peran penting selain 'jualan'. Mereka adalah mercusuar bagi pengikutnya karena itu memahami benar-benar produk yang mereka wakili adalah keharusan.

Banyak netizen yang menyayangkan tindakan yang dilakukan oleh artis berusia 29 tahun tersebut. "Saya dukung dokter richard 100 persen. Emang jelas" endorse skincare berbahaya abal-abal, bukannya sadar diri, ini malah ngelunjak, sadar dong situ publik figur, followersnya banyak, banyak yg ngikutin dan liat segala gerak gerik, tapi msh kekeh endorse skincare yg sudah jelas" berbahaya?," tulis netizen di kolom komentar.