6 Makanan Tinggi Kandungan Taurin, Asam Amino yang Bantu Pelihara Daya Tahan Tubuh
Ilustrasi (Sydney Troxel/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Taurin adalah asam amino yang mengandung sulfur, yang dapat diproduksi tubuh dari pemecahan asam amino lain yang disebut sistein. Taurin paling banyak ditemukan di otot seluruh tubuh, sehingga dapat dipahami makanan dengan tinggi kandungan taurin adalah protein hewani.

Bayi dan anak-anak perlu mendapatkan taurin melalui ASI, susu formula, atau makanan, tetapi saat dewasa, tubuh akan memproduksinya sendiri dalam jumlah yang cukup, menurut University of Rochester Medical Center. Menurut artikel Februari 2020 di ‌Asam Amino‌, taurin berperan dalam mendukung fungsi:

  • mata
  • ginjal
  • jantung
  • otak
  • otot
  • metabolisme
  • sistem imun
  • usus

Meski dapat dihasilkan sendiri, tetap saja tubuh membutuhkan asupan makanan yang bisa mendorong pembentukan taurin. Disadur dari laman Livestrong, Selasa, 3 Oktober, berikut daftar makanan mengandung taurin.

Daging sapi

Satu potong daging sapi panggang seberat 3 ons mengandung 33 miligram taurin. Mengonsumsi daging merah dalam jumlah sedang dapat menyediakan protein, vitamin B penting, dan zinc untuk tubuh Anda. Pilih potongan daging sapi tanpa lemak atau sirloin bagian atas, daging panggang bagian bawah, steak bagian bawah, atau daging panggang bagian atas untuk menghindari lemak dan kalori, menurut Mayo Clinic.

Daging ayam

Satu porsi paha ayam panggang seberat 4 ons mengandung 222 miligram, sedangkan 4 ons dada ayam rebus hanya mengandung 16 miligram. Daging berwarna gelap, seperti bagian kaki dan paha, mungkin memiliki lebih banyak taurin, tetapi juga memiliki lebih banyak lemak jenuh dan kalori.

Daging babi

Satu porsi daging babi bagian pinggang seberat 3 ons mengandung 48 miligram taurin. Pinggang babi adalah sumber fosfor, seng, dan beberapa vitamin B yang baik. Satu porsi daging seberat 3 ons juga mengandung 70 persen selenium. Selenium merupakan elemen penting untuk reproduksi, metabolisme hormon tiroid, dan sintesis DNA, menurut National Institutes of Health. 

Ikan tuna

Anda akan mendapatkan 23 miligram taurin dalam setiap porsi 2 ons ikan tuna. Tuna rendah kalori, tinggi protein, dan sumber asam lemak omega-3 yang baik. Mengonsumsi dua hingga tiga porsi ikan kaya omega-3 ini setiap minggunya direkomendasikan oleh Food and Drug Administration (FDA).

Kerang

Kerang merupakan sumber taurin terbaik. Dalam 6 kerang mentah, Anda akan mendapatkan 655 miligram taurin. Kerang perlu diolah sebaik mungkin agar tidak mengurangi kandungan taurin.

Saat mentah, kerang memiliki jumlah taurin yang tinggi, namun sebagian asam amino ini dapat dipecah saat dimasak atau diolah. Taurin larut dalam air, sehingga lebih banyak yang hilang saat kerang direbus. Memanggang atau menggoreng membantu mempertahankan kandungan taurin, menurut penelitian pada bulan Agustus 2003 di ‌Journal of Animal Physiology and Animal Nutrition.

Susu

Satu cangkir susu rendah lemak mengandung 6 miligram taurin. Sebagai produk hewani taurin dalam susu jauh lebih sedikit dibandingkan daging, ikan, atau makanan laut, menurut studi Januari 2010 di ‌Aterosklerosis‌.

Anda harus mengonsumsi 3 cangkir produk susu per hari untuk memenuhi jumlah taurin yang diperlukan tubuh menurut Pedoman Diet 2020-2025 Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA). Satu cangkir susu rendah lemak mengandung 23 persen DV (daily values) kalsium dan 15 persen DV vitamin D. Dua nutrisi ini penting meningkatkan kesehatan tulang dan dapat membantu mencegah timbulnya osteoporosis, menurut USDA.