9 Manfaat Air Kelapa Tua untuk Kesehatan Tubuh
Ilustrasi kelapa tua (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Manfaat air kelapa tua ternyata tak bisa diremehkan. Khasiatnya bahkan tak kalah dari air kelapa muda. Sebagian masyarakat memanfaatkan air kelapa untuk mengatasi masalah kesehatan tubuh.

Kelapa muda dan kelapa tua memiliki perbedaan pada ketebalan daging dan kandungan airnya. Kelapa muda memiliki daging yang lebih tipis, lebih lembut, dan warnanya mendekati putih bening. Sedangkan kelapa tua memiliki daging yang lebih tebal dan lebih keras.

Kandungan air pada kelapa muda dan tua juga berbeda. Biasanya kandungan air pada kelapa muda lebih banyak, sedangkan pada kelapa tua lebih sedikit dan rasanya lebih pekat.

Kelapa tua biasanya hanyaa dimanfaatkan secara terbatas dengan mengambil daging yang telah mengeras untuk diolah menjadi santan. Sedangkan airnya dibuang begitu saja. Padahal kandungan gizi dan nutrisi dalam air kelapa tua memiliki banyak manfaat.

Dikutip dari Alodokter, kandungan nutrisi pada air kelapa tua atau muda sebenarnya sama, salah satunya adalah sama-sama memiliki asam amino. Selain itu terdapat bermacam mineral seperti sodium, selenium, fosfor, kalium, dan zinc. Kandungan ini yang akan membantu Anda menjaga kesehatan tubuh. Sedangkan manfaat dari air kelapa tua adalah sebagai berikut.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Dikutip dari Mayo Clinic, air kelapa tua bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan jantung sehingga risiko penyakit jantung bisa lebih kecil.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Air kelapa mengandung kalium yang tinggi namun rendah natrium. Mengonsumsi air kalapa tua bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

  1. Turunkan Gula Darah

Kandungan magnesium, kalium, mangan, dan vitamin C pada air kelapa bisa membantu Anda menurunkan gula darah dengan cara meningkatkan sensitivitas insulin.

  1. Membantu Mengembalikan Cairan Tubuh

Seperti pada kelapa muda, air kelapa tua juga mampu membantu mengembalikan cairan tubuh. Konsumsi air kelapa tua juga lebih aman untuk penderita diabetes karena rendah gula. Dikutip dari Katadata, Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan mengungkapkan bahwa air kelapa tua mengandung gula (glukosa, sukrosa, dan fruktosa) sebesar 3 persen, sedangkan pada kelapa muda kandungannya sebesar 5,1 persen.

  1. Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh

Air kelapa tua mengandung banyak nutrisi dan vitamin mulai dari riboflavin, niacin, thiamin, pyridoxine, dan folat. Air kelapa juga bersifat anti virus dan anti bakteri, sehingga bisa ikut menjaga daya tahan tubuh.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Air kelapa juga memiliki zat antioksidan. Kandungan tersebut akan membantu Anda menangkal radikal bebas dan melindungi sel-sel pada tubuh.

  1. Menjaga Saluran Pencernaan

Air kelapa muda juga mampu menjaga saluran pencernaan agar lebih sehat. Hal itu terjadi karena sifat air kelapa yang anti virus dan anti bakteri, sehingga mampu membersihkan saluran pencernaan dengan baik.

  1. Meredakan Sakit Kepala

Sakit kepala bisa dipicu oleh banyak hal, salah satunya adalah karena dehidrasi. Saat Anda mengalami kondisi tersebut sangat disarankan untuk mengonsumsi air kelapa baik tua maupun kelapa muda. Air kelapa akan membantu mengatasi dehidrasi dan meredakan sakit kepala.

  1. Meredakan Sakit Perut

Banyak makanan yang bisa jadi pemicu sakit perut mulai dari makanan pedas hingga makanan yang kurang steril. Saat Anda mengalami hal ini, cobalah untuk mengonsumsi air kelapa tua untuk menetralkan racun yang ada pada perut.

Itulah informasi terkait manfaat air kelapa tua. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.