Bagikan:

JAKARTA - Air kelapa merupakan salah satu minuman menyegarkan yang cocok diminum saat cuaca panas. Selain itu, air kelapa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaatnya mulai dari menambah cairan pada tubuh hingga berkhasiat untuk saluran pencernaan. Untuk mengetahui manfaat air kelapa untuk kesehatan lebih lengkap, simak ulasannya berikut dilansir dari Eating Well.

1. Menambah cairan elektrolit dalam tubuh

Air kelapa mengandung banyak elektrolit, seperti kalium, natrium, hingga magnesium. Kandungan elektrolit tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, transmisi saraf, hingga kontraksi otot.

Air kelapa juga sangat baik untuk menghidrasi tubuh. Jika Anda kehilangan banyak cairan akibat olahraga atau diare, maka sangat dianjurkan untuk meminum air kelapa untuk mengembalikan cairan yang hilang.

2. Menurunkan tekanan darah

Kandungan kalium dan vitamin di dalam air kelapa diyakini mampu membantu merelaksasi pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi risiko stroke. Dengan minum air kelapa rutin dapat menjaga kadar gula darah tetap normal.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat lainnya yang dapat diperoleh dari air kelapa adalah menjaga kesehatan pencernaan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa air kelapa memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba, yang bermanfaat bagi mikrobioma usus, sehingga saluran pencernaan sehat.

Air kelapa juga membantu meringankan peradangan dan meredakan gangguan pencernaan. Air kelapa juga dapat menenangkan lapisan usus yang teriritasi.

Demikian beberapa manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh. Untuk aturan meminum air kelapa, Anda dapat meminumnya setiap hari. Namun, jangan secara berlebihan, cukup 1 hingga 2 gelas air kelapa dalam sehari.