Daftar Minuman yang mengandung Kafein dan Manfaatnya bagi Kesehatan
Ilustrasi minuman yang mengandung kafein (Unsplash/Dani)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kandungan kafein identik dengan minuman kopi. Setiap mendengar nama kafein, orang-orang umumnya akan teringat dengan kopi. Namun ternyata ada beberapa minuman lain yang memiliki kandung kafein, selain kopi.

Kafein dalam minuman adalah zat alami yang terdapat pada tanaman, seperti kopi, teh, dan kakao. Kafein berbentuk kristal dan memiliki rasa pahit. Kafein dapat diserap dengan cepat oleh usus dan bekerja menstimulus otak dan sistem saraf.

Oleh karena itu, meminum kopi dianggap sebagai cara mencegah kantuk atau agar betah melek. Efek zat kafein mulai terasa dalam satu jam usai mengonsumsinya. Selain itu, mengonsumsi minuman berkafein juga dapat meningkatkan fokus dan kewaspadaan. 

Minuman yang Mengandung Kafein

Tak banyak yang tahu jika kafein juga terdapat pada minuman lainnya, selain kopi. Beberapa minuman ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang bosan dengan kopi.

Teh Hijau

Teh hijau adalah salah satu minuman yang mengandung kafein. Minuman ini populer di engara Asia, terutama Jepang. Teh hijau biasanya dijadikan asupan dalam program diet karena dapat meningkatkan metabolisme pembakaran lemak tubuh. 

Selain mengandung kafein, di dalam teh hijau juga terdapat theanine yang berfungsi mengurangi tingkat stres. Perpaduan theanine dan kafein pada teh hijau dapat meningkatkan kerja otak dan kognisi.

Teh Hitam

Masih dari keluarga teh, yakni teh hitam. Jenis teh ini juga mengandung kafein. Kandungan kafeinnya hampir dua kali lipat lebih tinggi dibanding teh hijau. Teh hitam dikonsumsi untuk mengusir kantuk dan meningkatkan fokus untuk bekerja. Selain itu, konsumsi teh ini secara rutin juga bermanfaat untuk kesehatan jantung, usus, dan tubuh secara keseluruhan. 

Minuman Cokelat

Minuman cokelat menjadi jenis minuman yang sedang banyak digemari, khususnya oleh anak mudah atau remaja. Cokelat banyak diolah menjadi minuman kekinian dengan berbagai varian rasa tambahan. Minuman cokelat juga mengandung kafein alami.

Saat mengonsumsi susu cokelat, di dalamnya juga terkandung kafein. Selain itu, cokelat juga mengadung flavonol dan methylxanthines yang bersifat antioksidan dan antiinflamasi. 

Minuman Berenergi

Minuman mengandung kafein yang lainnya adalah minuman berenergi. Kandungan kafein dalam minuman ini kisaran 50-505 mg. Mengonsumsi minuman ini dapat meningkatkan energi, fokus, dan suasana hati. Selain itu, minuman ini juga mengandung taurin, asam amino alami yang bersifat antioksidan.

Kola Soda

Minuman lainnya yang mengadung kafein adalah kola soda. Dalam kola sodan 240 mL terkandung kafein sekitar 22 mg. Efek kafein dari minuman ini dapat membuat tubuh lebih bersemangat. Namun minuman ini memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga perlu diperhatikan kadar konsumsinya. 

Manfaat Kafein untuk Tubuh

Ada beberapa manfaat kafein bagi kesehatan dan kinerja tubuh. Berikut beberapa manfaatnya.

Mencegah Penyakit Jantung dan Diabetes

Kafein terbukti dapat mencegah penyakit jantung. Sebuah penelitian menujukkan pria dan wanita yang mengonsumsi 1-4 cangkir kopi setiap hari memiliki risiko penyakit jantung lebih rendah 16-18 dibanding yang tidak mengonsumsi. 

Penelitian lain menyebutkan mengonsumsi teh hijau 2-4 cangkir kopi per hari berhubungan dengan penurunan risiko stroke 14-20 persen. Selain itu, orang yang minum kopi juga memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2. 

Menunda Demensia

Sebuah penelitian menunjukkan mengonsumsi kafein juga bermanfaat untuk mencegah demensia. Kafein dapat meringankan kondisi penderita gangguan kognitif ringan. Para peneilit menyarankan konsumsi kopi sebanyak 3 cangkir dalam sehari untuk mencegah penurunan daya ingat dan kemampuan berpikir. 

Meningkatkan Mood dan Fungsi Otak

Efek kafein sudah dikenal dapat menjaga otak tetap bekerja dan mengusir kantuk. Kafein yang dikonsumsi akan memblokir adenosin molekul pemberi sinyal otak. Kondisi ini akan meningkatkan hormon atau molekul lain, seperti dopamin dan norepinefrin. 

Kafein juga terbukti dapat meningkatkan suasana hati. Seseorang yang mengonsumsi kafein akan mengalami peningkatakn fokus, kewaspadaan, dan ingatan jangka panjang. Selain itu, minum kafein juga berperan menurunkan 45 persen keinginan bunuh diri. Pebuah peneilitan menujukkan penikmat kafein juga memiliki suasana hati lebih baik dan tingkat depresi rendah. 

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Kafein juga berperan meningkatkan metabolisme tubh mencapai 11 persen, Selain itu, kafein juga merangsang sistem saraf pusat sehingga dapat membantu pembakaran lemak sebanyak 13 persen. Orang yang mengonsumsi 300 mg kafein per hari akan berkemungkinan mendapat pembakaran 79 kalori ekstra. 

Itulah daftar minuman yang mengandung kafein dan manfaat mengonsumsi kafein. Kafein memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun perlu diperhatikan untuk tidak minum kafein secara berlebih karena justru akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.