KTO Sarankan Wisatawan Indonesia Kunjungi Destinasi Wisata Unik Saat Kunjungi Korea Selatan
Korea MICE Roadshow Jakarta 2023 (Foto: Dok. KTO)

Bagikan:

JAKARTA - Tidak dapat dipungkiri bahwa pengaruh K-Pop dan K-Drama membuat masyarakat Indonesia memilih Korea Selatan sebagai salah satu destinasi wisata yang ingin didatangi.

Namun, keadaan pandemi yang meliputi dunia pada tahun 2020 lalu, sempat menghambat mereka yang ingin mengunjungi Negeri Ginseng itu.

Setelah dunia pulih dari pandemi, gelombang wisatawan asal Indonesia ke Korea Selatan pun berangsur mengalami kenaikan. Pada paruh pertama 2023, jumlah wisatawan insentif Indonesia ke Korea tercatat mencapai 8 ribu orang atau pulih sekitar 62 persen dibanding pada paruh pertama 2019 yang berjumlah 13 ribu orang.

Dalam upaya mengembalikan minat wisatawan Indonesia ke Korea Selatan, Korea Tourism Organization (KTO) pun menggelar Korea MICE Roadshow pada September lalu di Ayana Midplaza Jakarta.

“Event tahunan KTO ini bertujuan untuk mempromosikan wisata MICE (Meeting, Incentive, Convention, & Exhibition) Korea kepada travel agent, korporat dan media di Indonesia dengan harapan menarik grup meeting dan insentif Indonesia ke Korea,” kata Hani, MICE Manager KTO Jakarta dalam keterangannya pekan lalu.

“Melalui acara ini, diharapkan jumlah wisatawan insentif Indonesia ke Korea di tahun 2023 dapat mencapai angka saat sebelum pandemi,” lanjutnya.

Acara tersebut turut mendatangkan sekitar 23 pelaku bisnis MICE dari berbagai daerah di Korea Selatan seperti Seoul, Busan, Provinsi Gangwon dan Jeolla Utara untuk mempromosikan destinasi, fasilitas, dan keunikan MICE di daerahnya.

Sebelumnya, Kim Jang Sil selaku CEO KTO, dalam kunjungan kerjanya ke Jakarta juga menyatakan bahwa Korea Selatan telah mengembangakn destinasi wisatanya untuk memberi pengalaman baru bagi para wisatawan.

“Korea memang tidak sebesar Indonesia, tetapi setiap daerah memiliki budayanya masing-masing. Konten wisatanya yang beragam dan storytelling-nya yang unik di setiap wilayah, sehingga pengunjung dapat merasakan hal baru di mana pun pengunjung berkunjung,” kata Kim Jang Sil.

“Daripada saya merekomendasikan beberapa area, saya sarankan wisatawan untuk mengunjungi 100 Must-Visit Tourist Spots of Korea in 2023-2024. KTO telah memilih tempat dengan cermat dengan mempertimbangkan kondisi seperti tren pariwisata dan infrastruktur, tempat yang bisa dikunjungi di seluruh Korea dalam empat musim, area syuting drama populer, dan tempat-tempat yang tidak bisa dilihat di negara lain,” pungkasnya.