Bagikan:

JAKARTA - Sebulan setelah meninggalnya penyanyi Sinead O’Connor, Miley Cyrus merespons surat terbuka yang pernah diungkap O’Connor pada tahun 2013. Saat itu, O’Connor menulis surat untuk sang penyanyi setelah penampilannya dalam video musik Wrecking Ball.

Sinead O’Connor menyebut penampilan Miley Cyrus dalam video itu merupakan hasil eksploitasi dari para pria di sekitar Cyrus.

“Saya menyangka ada kontroversi atau reaksi, namun saya rasa saya tidak mengharapkan perempuan lain untuk merendahkan atau menolak saya, terutama perempuan yang pernah berada di posisi saya sebelumnya,” kata Miley Cyrus dalam acara spesial Endless Summer Vacation.

“Ini ketika saya menerima surat terbuka dari Sinead O’Connor dan saya tidak tahu soal keadaan mental yang rapuh yang dia alami dan saat itu saya masih berusia 20 tahun,” jelasnya.

Miley Cyrus menyebut konsep dalam video musik Wrecking Ball merupakan pilihannya sendiri dan tidak terkait atau diminta oleh pihak lain.

“Semua yang saya lihat adalah perempuan lain memberitahu saya bahwa ide itu bukan ide saya,” katanya lagi.

“Masa muda kita membangkitkan trauma dalam cara yang aneh, dan saya pikir saya dihakimi sejak lama karena pilihan saya bahwa saya baru saja kelelahan, dan saya berada di titik di mana saya akhirnya membuat pilihan dan keputusan saya sendiri,” katanya.

“Tuhan memberkati Sinead O’Connor, dengan sungguh-sungguh, dengan segala keseriusan,” jawab Miley Cyrus.

Penyanyi Sinéad O’Connor meninggal dunia pada Rabu, 26 Juli kemarin. Dikonfirmasi oleh pihak keluarga, penyebab meninggalnya O’Connor tidak diungkap kepada publik.

Sinead O’Connor dikenal sebagai salah satu penyanyi yang lantang bersuara mengenai isu sosial. Tahun 1993, O’Connor merobek gambar Paus sembari menyanyi lagu War milik Bob Marley dalam acara Saturday Night Live. Hal ini dilakukan sebagai bentuk protes mengenai pelecehan seksual yang terjadi dalam gereja.

Tahun 2013, O’Connor menulis surat terbuka untuk Miley Cyrus yang saat itu tampil buka-bukaan di panggung. Ia mengingatkan Cyrus untuk berhati-hati dengan gambaran tersebut yang nantinya bisa menyebabkan dirinya “dilecehkan” oleh industri musik.

Di sisi lain, Miley Cyrus baru saja merilis single terbarunya bertajuk Used To Be Young yang merupakan refleksi dari masa kariernya sejak menjadi penyanyi cilik.