Ortu Harus Tahu, Begini 5 Cara Membantu Anak Sukses di Sekolah
Ilustrasi cara membantu anak sukses di sekolah (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Orang tua perlu tahu bagaimana strategi pengasuhan yang benar-benar mendorong anak bisa mengikuti Pelajaran di sekolah. Perlu dipahami pula, bahwa kesuksesan di sekolah tidak hanya soal nilai raport, tetapi mereka memiliki cara belajar, menyimpan informasi, berpikir mandiri, berani mengajukan  pertanyaan, dan mengembangkan kompetensi. Berikut cara yang perlu dilakukan orang tua untuk membantu anak sukses di sekolah.

1. Hargai setiap proses

Membersamai anak belajar adalah proses yang panjang. Oleh karena itu, ortu perlu fokus pada hal terpenting untuk keberhasilan sekolah. Penting untuk dihindari, jangan memberikan jadwal berlebih dan membandingkan dengan teman sebayanya. Cintai buah hati berdasarkan kinerja mereka. Lebih penting lagi, ketahui kompetensi dan bangun self-efficacy anak. Raport memang salah satu ukuran prestasi. Namun, kenali cara anak belajar dan beri umpan balik positif untuk mendukung berkembangnya self-efficacy.

2. Bantu anak menemukan keseimbangan

Jadwal anak-anak terlalu padat tidak membuat mereka pintar. Tetapi jadwal yang seimbang justru akan membuat perbedaan besar. Misalnya, buat jadwal sesuai kecenderungan anak Anda. Anak-anak cenderung bertahan dengan rencana yang mereka buat sendiri. Melansir NYTimes, Selasa, 8 Agustus, mengikuti rencana mereka mungkin lebih fungsional dan efisien daripada mengontrol untuk menjadi benar.

cara membantu anak sukses di sekolah
Ilustrasi cara membantu anak sukses di sekolah (Freepik/master1305)

3. Menyediakan fasilitas belajar yang sehat

Gawai mungkin menjadi tantangan orang tua. Belum lagi gim yang paling menarik perhatian anak alih-alih belajar bersosialisasi dengan rekan atau orang rumah. Untuk itu, orang tua harus bijak dalam memberikan fasilitas belajar yang sehat. Siapkan rencana untuk penggunaan akses teknologi. Tidak hanya untuk anak, tetapi seluruh anggota keluarga. Misalnya menyepakati kapan waktu screen time untuk seluruh keluarga, berapa jam sehari, atau memberikan akses hanya untuk memberikan referensi terkait pengetahuan sesuai dengan usianya.

4. Buka jalur komunikasi di sekolah dan rumah

Penelitian menunjukkan keterlibatan keluarga dan komunikasi rumah-sekolah yang positif dikaitkan dengan peningkatan nilai, perilaku, dan sikap positif tentang pelajaran, peningkatan partisipasi, dan peningkatan kehadiran. Ortu juga harus tahu bagaimana guru anaknya bisa dihubungi. Jangan lupa, berterimakasi pada guru kelas yang berupaya mengajar anak dengan baik. Lebih penting lagi, promosikan self-advokasi yang mendorong anak untuk berbicara, memberi tahu orang dewasa tentang apa yang mereka butuhkan, dan menentang orang yang tidak memperlakukan mereka sebagaimana mereka ingin. 

Advokasi diri adalah bagian penting dalam membangun self-efficacy anak. Dengan begitu anak emmahami bahwa mereka memiliki kekuatan untuk mengendalikan, mengubah perilaku, motivasi, dan berperan di lingkungan mereka.

cara membantu anak sukses di sekolah
Ilustrasi cara membantu anak sukses di sekolah (Freepik/pvproductions)

5. Mempertahankan perspektif jangka panjang

Pendidikan dan mengasuh anak adalah upaya jangka panjang, dan peningkatan tidak terjadi setiap hari. Mulailah berpikir di mana Anda ingin anak Anda berada dalam satu sampai lima tahun ke depan. Ketika terasa kacau pada hari tertentu, tetaplah terbuka untuk belajar dari kekacauan tersebut sehingga bisa sampai pada titik tujuan. Karena mendidik dan mengasuh anak adalah ‘proyek’ jangka panjang yang perlu dilakukan dengan suka cita dan upaya tak henti-henti.

Itulah kelima cara orang tua membantu anak sukses di sekolah. Jika Anda membutuhkan dukungan, bicarakan kepada orang terdekat. Dapatkan support system positif dan lingkungan yang baik sehingga dapat mengembangkan rencana sukses ke depan.