Cerita Richard Fortus tentang John Sykes yang Pernah Ikut Audisi Gitaris GN'R
John Sykes (Instagram @johnsykeslegend)

Bagikan:

JAKARTA - Guns N 'Roses era awal sangat pantas dilabeli 'legenda'. Namun, ada beberapa musisi mengesankan yang bermain di band ini pada periode di mana Axl Rose menurunkan line-up yang sebagian besar baru. 

Tak sampai di situ, bahkan, ada beberapa musisi berkaliber bintang yang mengikuti audisi tetapi tidak pernah bergabung dalam line-up GN'R. 

Menurut Richard Fortus, salah satu musisi luar biasa yang meninggalkan kesan tetapi akhirnya tidak bisa tampil adalah John Sykes dari Whitesnake dan Thin Lizzy.

Fortus, merupakan bagian dari album Chinese Democracy dan tetap menjadi bagian dari GN'R selama reuni Not in This Lifetime, mengatakan kepada Tone-Talk, Sykes datang sekitar tahun 2009, melihat peluang untuk mengisi kekosongan yang akhirnya menjadi milik DJ Ashba.

"Kami mengaudisi banyak orang dan John Sykes luar biasa," kenang Fortus. 

Gitaris itu menambahkan, "Saya ingat Tommy Stinson masuk, dan kami berjalan menuju studio untuk latihan, dan kami melihat John (Sykes) di sana. Tommy berbalik ke manajer tur, dan dia berkata, 'Bung, suruh dia pulang. Mengapa kita melakukan ini? 

"Dan (manajer tur) berkata, 'Ini John Sykes, bung. Dia mempelajari lagu-lagu GN'R. Paling tidak yang bisa kamu lakukan adalah mendengarkannya.' Jadi Tommy berkata, 'Baiklah. Baik.' Jadi kami masuk ke kamar, dan dalam dua menit, Tommy menatap saya, seperti, 'Ya Tuhan!' Maksud saya, itu luar biasa - luar biasa. Dan dia baru saja mencolokan kabel gitarnya ke ampli, dan menguasai lagu-lagu itu dengan sempurna. Tone-nya luar biasa."

Fortus benar-benar terkesan dan menyatakan, "Reputasi John tak terbantahkan lagi. Tapi secara pribadi saya akrab dengannya, dan saya terus berhubungan dengannya. Sebenarnya, saya tetap berhubungan dengannya sampai saya bergabung ke Thin Lizzy (sebagai gitaris tur), dan kemudian dia tidak menelepon saya lagi. (Tertawa) Tapi saya pikir dia hebat."

Sykes berpisah dari Thin Lizzy pada 2009 dan awal tahun ini gitaris tersebut merilis lagu Dawning of a Brand New Day. Lagu ini akan dicemplungkan ke dalam album solo Sykes yang direncananya dirilis akhir tahun ini.