Gitaris Paling <i>Ngerock</i> di The Animals, Hilton Valentine Meninggal Dunia
Hilton Valentine (Sumber: hiltonvalentine.com)

Bagikan:

JAKARTA - Gitaris The Animals, Hilton Valentine meninggal di usia 77 tahun. Penyebab kematian Valentine belum diketahui.

Label rekaman Abkco yang pertama mengabarkan. Valentine meninggal pada Jumat, 29 Januari. Abkco memberi penghormatan emosional pada Valentine.

"Simpati terdalam kami ditujukan kepada keluarga dan teman-teman Hilton Valentine saat dia meninggal pagi ini, di usia 77 tahun," tulis Abkco, dikutip Minggu, 31 Januari.

“Seorang anggota pendiri dan gitaris asli The Animals, Valentine adalah pemain gitar perintis yang memengaruhi suara rock and roll selama beberapa dekade mendatang.”

Mereka menambahkan: Kami di Abkco telah mendapat hak istimewa untuk melayani sebagai pengurus katalog Hewan dan kepergiannya dirasakan dengan cara yang sangat mendalam oleh seluruh keluarga Abkco.

Valentine adalah orang yang berada di balik salah satu riff paling ikonik dalam sejarah musik untuk lagu The Animals berjudul The House Of The Rising Sun. Lagu tersebut mencapai tangga lagu nomor satu di Inggris, Amerika Serikat (AS), hingga Kanada di tahun 1964.

Valentine sendiri jadi sosok penting dalam The Animals. Dalam sebuah wawancara bersama Guitar International, anggota yang juga pendiri band, Eric Burdon menjelaskan pengaruh Valentine.

“Hilton benar-benar yang menjadikan The Animals awal sebagai band rock karena menurut saya elemen rock tidak ada di band sampai kami menemukannya (Valentine)."

“Pada masa itu Hilton tidak hanya bermain rock 'n' roll, dia terlihat seperti rock 'n' roll. Ini adalah seorang pria dengan rambut disisir ke belakang, jaket kulit murah, sepatu pemetik winkle, jeans hitam dan senyuman di wajahnya bermain melalui echoplex, yang merupakan senjata rahasia saat itu."

Valentine meninggalkan The Animals pada tahun 1966. Ia meneruskan karier sebagai artis solo maupun sebagai bagian dari sejumlah grup lain.