Mencegah Sesak Nafas karena Polusi Udara: Lakukan Beberapa Cara Simpel Ini
Mencegah Sesak Nafas Karena Polusi Udara (Gambar Kelly Sikkema - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Mutu udara yang kurang baik berakibat negatif pada kesehatan paru- paru. Menghisap polutan udara bisa merangsang saluran respirasi Kalian serta bisa menimbulkan sesak nafas, batuk, asma, serta bronkitis. Yuk cari tahu bagaimana cara mencegah sesak nafas karena polusi udara!

Tetapi, terdapat banyak metode buat menerapkan pembersihan paru - paru, termasuk mengganti gaya hidup serta berolahraga buat menolong organ vital tersebut membuang kelebihan cairan.

Berikut merupakan metode natural yang efisien membersihkan paru- paru.

Mencegah Sesak Nafas Karena Polusi Udara

Jauhi pembakaran sampah

Menghisap banyak udara segar bisa menolong memperluas jaringan di paru- paru Kamu serta buatnya bekerja dengan baik.

Periksa prakiraan polusi di wilayah Kalian. Jauhi olahraga di luar dikala angka polusi besar, serta hindari pembakaran sampah, pembakaran kayu, ataupun tipe asap yang lain. Bila takut tentang polusi, pakai masker penyaring udara.

Pakai air purifier

Mulailah mensterilkan paru- paru Kalian dengan tingkatkan mutu udara di rumah Kalian. Kalian bisa membeli pembersih udara yang bisa ditempatkan di tiap- tiap kamar.

Jauhi pewangi buatan

Sebagian orang bisa jadi berpikir kalau pengharum ruangan semacam lilin aroma terapi, ataupun pengharum otomatis membuat udara di rumah fresh. Tampaknya perihal itu tidak benar sebab wewangian tersebut kerapkali memiliki bahan kimia beresiko yang bisa mengiritasi paru- paru Kalian.

Latihan pernapasan

Latihan pernapasan tertentu bisa tingkatkan peranan paru- paru, lebih- lebih untuk orang yang dikala ini merokok, yang sempat merokok, ataupun yang hadapi kerusakan paru- paru akibat penyakit paru- paru kronis.

Terdapat pula alat yang dapat menolong Kalian melatih pernapasan, semacam spirometer. Fitur semacam ini kerap digunakan sehabis operasi buat menolong proses pemulihan.

Ganti pola makan

Pola makan Kalian bisa mempengaruhi kesehatan paru- paru Kalian dalam bermacam metode. Kalian dapat komsumsi santapan kaya vit D yang bisa tingkatkan kesehatan paru- paru.

Suatu riset tahun 2017 terhadap pengidap asma menemukan kalau kandungan vit D yang sehat kurangi jumlah serbuan asma yang membutuhkan penyembuhan kortikosteroid.

Tidak hanya vit D, makanan serta minuman tertentu yang memiliki senyawa antioksidan serta anti- inflamasi pula bisa kurangi infeksi saluran nafas. Kalian dapat mencoba minum teh hijau, makan buah beri, brokoli, kunyit, serta cokelat hitam.

Buat melindungi kesehatan paru- paru, Kalian pula dapat memilah pola makan yang rendah karbohidrat serta besar lemak sehat. Proses metabolisme karbohidrat menciptakan lebih banyak karbon dioksida serta memakai lebih banyak oksigen dibanding metabolisme lemak. 

Jadi setelah mengetahui mencegah sesak nafas karena polusi udara, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!