Bagikan:

YOGYAKARTA – Secara sederhana, daging asap adalah daging yang diolah dengan cara diasapi. Sajian kuliner ini banyak disukai karena cara memasaknya yang unik hingga menimbulkan rasa yang khas.

Setiap daging asap selalu membawa rasa yang tidak hanya lezat namun pasti mudah dikenali. Jika Anda menggemari olahan kuliner ini dan ingin mencobanya di rumah, persiapkan alat dan bahan membuat daging asap lebih dulu.

Alat dan Bahan Membuat Daging Asap

Harus diketahui bahwa olahan daging asap sudah ditemukan sejak lama. Banyak masyarakat yang mengolah daging sapi dan ikan dengan cara diasap. Siapa pun bisa mencoba mengasap daging secara mandiri di rumah. Adapun alat dan bahan untuk membuat daging asap secara tradisional adalah sebagai berikut.

  1. Alat

Ada beberapa alat yang dibutuhkan untuk pengasapan. Beberapa barang juga sengaja diciptakan secara khusus agar daging matang sempurna. Adapun alat yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.

  • Lemari Pengasap: Biasanya terbuat dari tong atau bahan keras tahan api lain yang dapat memerangkap asap dengan baik.
  • Garpu Panjang: Alat ini digunakan untuk membalik daging nantinya.
  • Pisau: untuk mengiris daging
  1. Bahan

Bahan yang dibutuhkan juga relatif sederhana dan sesuai selera. Anda bisa memilih daging atau ikan untuk diasap. Adapun bahan yang dibutuhkan adalah sebagai betikut.

  • Daging: usahakan daging yang diasap memiliki ukuran yang lebar dan tebal. Pasalnya daging yang terlalu kecil dan tipis berpotensi mebuat daging menyusut tajam.
  • Kayu atau bahan bakar alami lain: kayu nantinya akan dibakar dan menghasilkan asap. Usahakan untuk memilih bahan yang aman dari pepohonan kering. Bisa berupa kayu, serabut kelapa, dan sebagainya.
  • Garam dan bumbu: bahan ini digunakan untuk dioleskan pada daging sebelum diasapi. Pilihan bahan ini sesuai selera jadi bisa berkreasi sesuka hati.

Cara Sederhana Membuat Daging Asap

Persiapkan daging yang akan diasap. Potong sesuai selera. Setelah itu marinasi daging dengan bumbu yang sudah disiapkan. Sembari menunggu daging siap, nyalakan api di dalam lemari pengasap dengan menumpuk kayu kering yang sudah disiapkan. Usahakan untuk menghindari minyak atau bahan kimia agar tidak mencemari daging.

Setelah api berhasil dibuat dan asapnya mulai keluar, letakkan daging ke dalam lemari pengasap. Daging bisa digantung atau diletakkan di telenan. Namun, jangan meletakkan daging di atas api langsung. Beri jarak antara api dan daging lalu tutup rapat lemari.

Proses pengasapan dilakukan selama kurang lebih 48 jam. Tunggu hingga daging kering berwarna cokelat. Anda juga harus sering melakukan pengecekan agar api tidak mati.

Itulah informasi tentang alat dan bahan membuat daging asap. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.