Sinopsis Film <i>Smugglers</i>: Kisah Penyelundupan Para Wanita Penyelam
Stills Smugglers (NEW)

Bagikan:

JAKARTA - Persaingan film musim panas akan segera tiba. Sutradara Ryoo Seung Wan hadir dengan film terbarunya berjudul Smugglers yang diproduksi Next Entertainment World.

Film terakhirnya, Escape from Mogadishu mendapat sejumlah penghargaan di Korea Selatan. Lebih dari 25 piala dimenangkan bahkan film ini menjadi perwakilan Korea Selatan untuk kategori Best International Feature Film di Academy Awards ke-94.

Sebagai sutradara yang andal dalam menyajikan ensembel, Ryoo Seung Wan memastikan hal itu juga terjadi dalam film Smugglers. Film ini dibintangi para aktor papan atas seperti Kim Hye Soo, Yeom Jung Ah, Jo In Sung, Park Jung Min, Kim Jong Soo dan lainnya.

Aktris muda Go Min Si mendapat posisi pemeran utama untuk pertama kali dalam film layar lebar. Selain itu nama Go Min Si juga sedang populer berkat aktingnya dalam sejumlah drama.

Smugglers juga membawa kabar baik di tengah perilisannya. Film ini akan tayang di Festival Film Toronto serta diseleksi sebagai bagian dari Festival Film Locarno.

Dengan paduan genre aksi, drama, dan komedi, Smugglers menghadirkan sejumlah momen yang akan membuat Anda tertawa.

Berikut sinopsis lengkap film Smugglers karya Ryoo Seung Wan:

Pada tahun 1970, para haenyeo atau wanita penyelam ditugaskan untuk mencari ikan di laut agar nantinya bisa dijual di pasar. Penghasilan yang mereka dapatkan selalu minim meski mereka membutuhkan waktu yang panjang untuk menyelam hingga ke bawah laut.

Suatu hari, para haenyeo termasuk Jo Chun Ja (Kim Hye Soo) dan Eom Jin Suk (Yeom Jung Ah) kecewa. Hasil tangkapan mereka terlihat busuk dan tidak bisa dijual, padahal mereka menghabiskan waktu hingga berjam-jam untuk menyelam.

Mereka mengetahui ikan yang busuk merupakan dampak dari berdirinya pabrik di dekat pantai. Pabrik kimia itu membuang cairan ke laut yang membuat ikan di laut banyak yang mati.

Seorang broker (Kim Won Hae) mendatangi ayah Jin Suk untuk menawarkan pekerjaan menyelundup barang ilegal di laut. Para haenyeo ditugaskan untuk menyelam dan mengambil barang yang dibuang oleh sejumlah awak kapal di laut.

Awalnya sang ayah menolak lantaran Lee Jang Chun (Kim Jong Soo) sebagai pimpinan kepolisian sering melakukan inspeksi dadakan di pasar. Namun demi mendapat penghasilan, ayah Jin Suk beserta para haenyeo mengerjakan penyelundupan itu.

Mereka merasa senang dengan pekerjaan ini karena penghasilan mereka lebih mudah. Namun bisnis penyelundupan itu mulai diketahui orang lain dan meluas, ditambah ayah Jin Suk merasa bersalah karena melakukan bisnis ilegal ini.

Ketika hendak menolak bekerja, Jin Suk mengatakan mereka sudah mendapat jadwal penyelundupan baru sehingga mereka menjadikan tugas itu sebagai tugas terakhir dari pekerjaan mereka. Aksi mereka ternyata diketahui Lee Jang Chun yang membuat mereka ditangkap.

Di antara para haenyeo, Chun Ja menghilang dan persahabatannya dengan Jin Suk berakhir. Jin Suk yang mendekam di penjara bertekad balas dendam ketika ia bebas dan menemui Chun Ja.

Beberapa tahun kemudian, Chun Ja dan Jin Suk kembali dipertemukan dengan keadaan berbeda. Jin Suk tetap menjadi haenyeo yang mendapat penghasilan sedikit, sementara Chun Ja sukses menjadi wanita kaya raya dengan penampilan mentereng.

Jin Suk yang ingin balas dendam terhenti ketika Chun Ja kembali dengan kabar baru. Mereka pun bertekad untuk bekerja sama lagi untuk mendapat penghasilan yang besar dari sekarang.

Film Smugglers dikonfirmasi tayang pada musim panas tahun ini ketika teaser poster dirilis. Adapun film ini tayang di bioskop Indonesia mulai hari ini, Rabu, 26 Juli 2023.