Review Film <i>Smugglers</i>: Aksi Kejahatan Berbalut Komedi dari Para Aktor Berkualitas
Poster Smugglers (Next Entertainment World)

Bagikan:

JAKARTA - Dua tahun setelah Escape from Mogadishu, sutradara Ryoo Seung Wan membuat film terbaru bertajuk Smugglers. Film ini masih memiliki sisi aksi seperti film sebelumnya namun dengan sentuhan komedi yang akan menyegarkan ceritanya.

Dalam film ini, Ryoo Seung Wan kembali menggandeng aktor Jo In Sung yang juga membintangi Mogadishu. Selain itu ia juga turut memboyong sederet aktor papan atas seperti Kim Hye Soo, Yeom Jung Ah, Park Jung Min, Kim Jong Soo serta Go Min Si yang kian bersinar.

Kolaborasi antara para aktor kenamaan dengan sutradara yang tidak diragukan ini menghasilan Smugglers, sebuah sajian yang memiliki premis umum yang tetap meninggalkan tawa kala menontonnya di layar lebar.

Smugglers berlatar tahun 1970-an memulai penceritaan dengan para haenyeo atau penyelam wanita yang bekerja mencari ikan untuk dijual di pasar. Suatu hari, mereka merasa kecewa setelah menyelam tapi malah mendapat ikan yang sudah busuk.

Jo Chun Ja (Kim Hye Soo) dan Eom Jin Suk (Yeom Jung Ah) menyadari semakin banyak ikan yang busuk di laut karena adanya pabrik yang dibangun di dekat pantai. Dua sahabat ini dibantu ayah Jin Suk mendapat tawaran dari seorang broker (Kim Won Hae) untuk bekerja menyelundupkan barang ilegal.

Satu dua kali, para haenyeo senang karena mereka mendapat penghasilan dengan mudah. Namun semakin lama bisnis penyelundupan itu mulai meluas dan terancam diketahui pihak kepolisian Lee Jang Chun (Kim Jong Soo) yang sering melakukan patroli.

Kim Hye Soo (Next Entertainment World)

Ayah Jin Suk yang ingin mengakhiri pekerjaan penyelundupan itu berinisiasi mengambil pekerjaan terakhir yang disetujui oleh para haenyeo. Akan tetapi pada tugas terakhir itu saat mereka ditangkap oleh kepolisian.

Tahun demi tahun berlalu, hidup Chun Ja dan Jin Suk berubah. Chun Ja menjadi seorang kaya raya sementara Jin Suk berusaha mencari nafkah usai dipenjara selama beberapa tahun. Pertemuan pertama setelah beberapa tahun menjadi dendam di antara mereka. Apakah hubungan mereka akan kembali seperti semula atau benar-benar berakhir?

Premisnya terdengar sederhana, bahkan bisa ditemui dalam berbagai film bergenre serupa di mana aksi kejahatan yang dilakukan oleh sekelompok orang. Namun Ryoo Seung Wan menggunakan latar waktu dan karakter utama sebagai kendaraan untuk plot demi plot lainnya.

Plotnya berhasil berkembang dengan baik dan menampilkan elemen kejutan yang membuat penonton tertawa. Momen itu banyak diciptakan Chun Ja dan Jin Suk sebagai karakter utama dalam film ini. Namun suasana semakin menarik setelah Sersan Kwon (Jo In Sung) muncul dan visualnya memang tidak diragukan.

Pengambilan gambar yang intens juga dilakukan para aktor, salah satu adegan pertengkaran Sersan Kwon dengan beberapa pria dalam hotel. Menegangkan sekaligus membuat tawa tergelak sepanjang adegan bergulir.

Jo In Sung - Kim Hye Soo (Next Entertainment World)

Menilik judulnya, Smugglers merujuk para haenyeo yang dalam sekejap berubah menjadi penyelundup. Dengan perubahan drastis itu, para karakter juga berhasil menunjukkan turning point ketika menghadapi pekerjaan mereka.

Secara keseluruhan, ensembel para aktor Smugglers juga tidak perlu diragukan, terutama Jo In Sung dan Kim Hye Soo yang kerap menciptakan momen eye contact menjadi chemistry yang meledak-ledak.

Pada akhirnya, menonton Smugglers tidak memerlukan usaha keras untuk berpikir karena film ini hadir sebagai bentuk hiburan yang tentunya tetap dikemas dengan berkualitas. Ryoo Seung Wan pandai menciptakan ensembel fantastis yang membuat film ini menyenangkan.

Film Smugglers tayang di bioskop Indonesia mulai Rabu, 27 Juli 2023.