76 Tahun Peringatan Holocaust Internasional, Ini 5 Lokasi Peringatan Kekejaman NAZI di Eropa
Kolase lokasi peringatan kekejaman NAZI di Eropa. (VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Peringatan Hari Holocaust Internasional untuk mengenang mereka yang tewas akibat kekejaman NAZI, biasanya dipusatkan di Kamp Konsentrasi Auschwitz-Birkenau, Polandia. Ini kamp kematian terbesar miliki NAZI dan paling terkenal.

Tahun ini, peringatan 76 tahun pembebasan Kamp Auschwitz setiap tanggal 27 Januari digelar secara virtual. Selain kamp tersebut, banyak lokasi dan tugu yang dibuat untuk mengingat kekejaman NAZI yang tersebar di penjuru Eropa. Berikut 5 lokasi di antaranya, seperti dilansir dari CNN:   

Memorial to the Murdered Jews of Europe 

Memorial to the Murdered Jews of Europe
Memorial to the Murdered Jews of Europe. (Wikimedia Commons/Txalapartari)

Pertama kali dibuka pada tahun 2005, Monumen untuk Orang Yahudi Eropa yang Dibunuh berdiri dekat dengan Gerbang Brandenburg, Berlin

Desain bergelombang 2.711 pelat beton - semua ukuran yang bervariasi - dapat menimbulkan rasa disorientasi. Idenya adalah untuk membuka diskusi tentang mengapa. Bagi beberapa pengunjung, ini meniru cara dunia terbalik selama Holocaust. Tingkat yang terus berubah di bawah kaki Anda, ditambah dengan arah jalan setapak yang sering mengubah arah, dimaksudkan untuk mencerminkan perasaan dislokasi yang terkait dengan peristiwa tahun 1941 - 1945.

Lembaran abu-abu, dengan perawakan seperti makam, berada dalam formasi grid sehingga orang bisa berjalan di antara mereka. Buka siang dan malam, menawarkan kesempatan untuk kontemplasi yang tenang di jantung kota.

The Wall of Names di Shoah Memorial

Wall of names Memorial of the Shoah Paris
Wall of names Memorial of the Shoah Paris. (Wikimedia Commons/Ninaraas)

Terletak di distrik bersejarah Marais di Paris, Shoah Memorial adalah dinding yang diukir dengan nama 76.000 orang Yahudi yang dideportasi dari Prancis selama rezim Nazi. Hanya 2.500 dari mereka yang dikirim selamat.

Konsep tembok ini adalah 'memahami masa lalu untuk menerangi masa depan'. Itu adalah arsip Holocaust pertama di Eropa ketika dibuka untuk umum pada tahun 2005. Lokasi ini sering menjadi tuan rumah pameran untuk mengenang genosida dari abad ke-20.

Di luar tugu peringatan, Wall of Righteous menamai hampir 4.000 pria dan wanita yang melindungi orang-orang Yahudi antara tahun 1942 dan 1944.

Shoes on the Danube Promenade

Shoes on the Danube Promenade Holocaust Memorial
Shoes on the Danube Promenade Holocaust Memorial. (Wikimedia Commons/Csorfoly D)

Mungkin salah satu instalasi peringatan yang paling mencolok secara visual untuk Holocaust adalah Sepatu di Daube Promenade di Budapest, Hongaria.

Jejak karya seni besi ini mewakili ribuan orang yang dieksekusi di sepanjang tepi sungai tersebut selama perang. Szalasi, sebuah organisasi fasis dan anti-semit yang beroperasi di Budapest pada saat itu, dengan cepat menanggapi apa yang mereka lihat terjadi di Jerman pada 1940-an. 

Sebanyak 80.000 keluarga Yahudi diasingkan dari Hongaria. Selama berjalan kaki ke perbatasan Austria, 20.000 orang berbaris di sepanjang Sungai Danube, dipaksa melepas sepatu mereka dan ditembak.

Desain masing-masing sepatu dalam barisan menunjukkan bagaimana tidak seorang pun tidak peduli apa latar belakang, usia, jenis kelamin atau profesi, semuanya mati.

Holocaust Memorial di Schwerte

Holocaust Memorial in Schwerte Germany
Holocaust Memorial in Schwerte Germany. (waymarking)

Schwerte di Jerman Barat adalah sub-kamp Nazi selama tahun-tahun perang. Peringatan utamanya didirikan pada tahun 1990 untuk memperingati mereka yang dibawa ke Kamp Schwerte, yang dipaksa melakukan kerja fisik.

Ini termasuk pembangunan jalur kereta api. Tugu peringatan itu menggambarkan lima pria, wajah terdistorsi oleh rasa sakit, diukir di batu dan berbaring untuk bertindak sebagai orang yang tertidur di trek.

Holocaust Memorial di Auschwitz

kamp auschwitz
Kamp Auschwitz Birkenau. (Wikimedia Commons/pzk net)

Tugu peringatan bencana paling terkenal dari semuanya, kamp konsentrasi Auschwitz-Birkenau telah diubah menjadi pengingat abadi tentang apa yang terjadi di balik gerbangnya 76 tahun yang lalu.

Auschwitz tetap ditutup untuk saat ini karena pembatasan virus korona, tetapi peringatan virtual yang berfokus pada nasib anak-anak di Auschwitz tersedia secara online. Memorial dan Museum Auschwitz telah dilestarikan untuk menunjukkan kepada generasi berikutnya realitas rezim Nazi.