Inge Anugrah Ingin Hak Asuh, Khawatir Ari Wibowo Tak Bisa Jaga Anak
Inge Anugrah dan tim kuasa hukum (Ivan Two Putra/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Lanjutan sidang cerai Ari Wibowo dengan Inge Anugrah kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan hari ini, Senin, 17 Juli. Baik Ari maupun Inge sebagai prinsipal tidak menghadiri sidang, keduanya diwakili oleh kuasa hukum masing-masing.

Usai sidang, Thomas Ola Lamaroang selaku kuasa hukum Inge Anugrah mengatakan pihaknya akan memperjuangkan hak asuh dua anaknya, Kenzo Wibowo dan Marco Wibowo. Pasalnya, sang pengacara menilai bahwa Inge selama ini telah mengurus kedua anaknya.

“Kalau terkait hak asuh anak kita sebagai tergugat dan sebagai Ibu dari dua anak, kita tetap memohon untuk hak asuh kepada bu Inge,” ujar Thomas Ola Lamaroang seusai sidang kepada awak media.

“Permintaan kita soal hak asuh ke Bu Inge karena memang selama ini Bu Inge yang menjaga semua anaknya. Baik dari pagi sampai malam Bu Inge terus, ngantar sekolah, tanggung jawab di sekolah, semua Bu Inge,” dambungnya.

Thomas Ola mengatakan bahwa Ari Wibowo selama ini sibuk dengan aktivitasnya di luar rumah. Ia pun menyebut adanya kekhawatiran dari kliennya jika hak asuh anak jatuh ke tangan pihak ayah.

“Kalau pak Ari sendiri kenapa tidak bisa seperti itu karena dia kan hidupnya dari jam 13.00 WIB sampai jam 3.00 WIB subuh di luar. Jadi, kalau kita kasih tanggung jawab hak asuh kepada penggugat, tergugat khawatir anaknya nanti tidak dijaga,” kata kuasa hukum Inge Anugrah.

Meski begitu, Thomas menyebut bahwa anak-anak kliennya masih tetap bisa tinggal bersama sang ayah. Yang dimohonkan oleh pihak Inge adalah akses hukum untuk tetap mendampingi anak-anaknya.

“Walaupun hak asuhnya ada di Bu Inge, de facto nanti mereka tinggal di rumah pak Ari, tapi Bu Inge punya akses hukum untuk mendampingi anak-anaknya. Itu yang kita mohonkan dalam jawaban dan duplik hari ini,” katanya.

Thomas juga bicara mengenai makan malam Ari Wibowo bersama Inge dan anak-anaknya beberapa waktu lalu. Ia menyebut bahwa momen tersebut merupakan perayaan atas kelulusan putra sulung mereka. Tidak ada maksud lain dari kejadian tersebut selain untuk ikut berbahagia atas apa yang dicapai anaknya.

“Dari pertemuan itu anak pertama lagi wisuda SMP. Jadi, perayaan Bu Inge dan Pak Ari kumpul karena memang ini momen kebahagiaan anak yang menyelesaikan tahap pendidikan. Memang mereka makan bersama seperti biasa, ini kan untuk anak, orang tua harus mendampingi secara psikologis,”

Terkait kondisi rumah tangga Ari Wibowo dan Inge Anugrah saat ini, Thomas menyebut kliennya masih diberi akses yang luas untuk bertemu kedua anaknya, meski sudah tidak lagi tinggal satu atap.

“Kan belum ada putusan apapun, jadi Bu Inge juga masih punya akses untuk anak. Yang kita khawatirkan kalau tidak ada penetapan pengadilan terkait akses Bu Inge nggak bisa masuk, sementara yang memberi perhatian selama ini terkait pendidikan anak, masak-masak, dan setiap hari memang ada pada Bu Inge. Bu Inge hanya mohon supaya ini (hak asuh anak) kalau boleh didapat,” pungkas Thomas Ola Lamaroang, kuasa hukum Inge Anugrah.