Kronologi Aaron Yan Diduga Rudapaksa Pria di Bawah Umur
Aaron Yan (Instagram @aayan1120)

Bagikan:

JAKARTA - Aktor sekaligus penyanyi Aaron Yan menjadi subyek kasus #MeToo terbaru. Seorang pria mengungkap dirinya pernah menjadi korban dari Aaron ketika masih berusia di bawah umur.

Pada 20 Juni lalu, kreator konten Yao Le membagikan cerita melalui Instagram yang berisi pengalamannya berhubungan dengan mantan anggota Fahrenheit tersebut. Tulisan Yao Le mendapat balasan dari sang aktor yang berujung dengan konferensi pers.

Mulai Dekat

“Rasa penasaran saya kepada Anda dan selebrita secara umum, membuat saya mengirim Anda permintaan pertemanan. Tidak disangka, Anda menerimanya. Sejak itu kita saling berkirim pesan dan Anda mengundang saya ke rumah Anda untuk menonton Netflix,” tulis Yao Le.

Yao Le mengaku masih berusia 16 tahun dan tinggal sendiri sementara Aaron Yan berumur 31 tahun. Yao menyebut Aaron melecehkannya ketika ia tidur.

“Saat itu saya masih 16 tahun dan tinggal di Taipei sendirian untuk belajar. Anda adalah pangeran, saya melakukan apa yang Anda katakan karena Anda selebrita, idol, dan partner saya,” lanjut Yao Le.

Rekam Tanpa Izin

Yao Le mengklaim Aaron Yan sering merekam tanpa izin ketika mereka berhubungan seksual. Meski Yao Le menolak namun Aaron Yan terus memberi janji namun sikap Aaron tidak sesuai dengan janjinya.

“Saat itu saya merasa mungkin ini yang dialami pasangan pada umumnya dan Anda hanya mengajari saya. Hal paling menakutkan ketika Anda merekam saya secara diam-diam ketika saya tidak memperhatikan, hingga sebuah video tersebar yang merugikan seluruh hidup saya,” tutur Yao Le.

Yao Le juga menyebutkan ia sempat dihubungi pasangan Aaron Yan lainnya. Awalnya ia diminta untuk menghiraukan omongan orang lain hingga kejadian itu berulang dan mereka putus.

Dikeluarkan dari Sekolah

Video skandal seksual mereka yang tersebar pada tahun 2018 menyebabkan Yao Le dikeluarkan dari sekolah. Akan tetapi Yao Le merasa sedih karena Aaron Yan tidak membantu apapun.

“Saya selalu ingat menerima banyak pesan privat ketika bekerja di Beijing. Video seks kami tersebar. Saya sangat marah… tapi Anda malah meremehkan dan berkata tidak tahu mengapa videonya tersebar,” katanya.

“Untuk waktu yang panjang, saya takut keluar rumah dan terpaksa keluar dari sekolah. Seluruh pekerjaan saya terhenti tiba-tiba… tapi hidup saya hancur. Anda memberitahu saya bahwa Anda sudah mengurusnya, Anda memberi saya ribuan dollar untuk biaya pengacara dan diri saya,” lanjut Yao Le.

Yao Le menyebutkan Aaron Yan pernah dituduh selingkuh dengan beberapa orang dan ia membela Aaron meski rumor itu adalah benar adanya.

“Saya bersumpah saya tidak melakukan ini untuk perhatian. Saya merasa sedih karena melihat berita tentang masa lalu beberapa hari lalu. Saya mengalami peleceha di subway baru-baru ini dan saya terus memikirkan semua ini,” katanya.

“Saya takut Anda seperti ini kepada banyak orang, mengambil keuntungan dan status Anda sebagai selebrita. Jadi saya tidak bisa menahannya lagi. Ini sudah lima tahun. Saat ini, harusnya Anda yang menghadapi publik,” kata Yao Le.

Respons Aaron Yan

Aaron Yan membalas pernyataan itu melalui sebuah surat yang berisi pengakuan terhadap beberapa poin yang disampaikan Yao Le termasuk ketika mereka menjalin hubungan di saat Yao Le masih di bawah umur.

“Terima kasih Yao Le untuk berbicara dan memberi saya kesempatan untuk menghadapi bom waktu yang saya khawatirkan. Saya tidak bangga tentang siapa saya. Ketika bicara hubungan, saya melakukan banyak hal tidak biasa,” tulis Aaron Yan melalui media sosialnya.

Dalam pernyataannya, Aaron Yan menceritakan hubungan mereka yang penuh pasang surut. Mereka terakhir berkomunikasi pada September 2022 ketika Yao Le meminta Aaron mempromosikan sebuah event. Aaron juga menyatakan tidak menyebarkan video bersama Yao Le yang ia duga tersebar ketika telepon genggamnya sedang diperbaiki.

“Saya bersedia menghadapi kesalahan yang saya buat sekali lagi. Ini adalah hasil dari saya tidak bisa menangani hubungan dengan baik. Sekali lagi saya ingin minta maaf kepada semua orang karena membuat contoh yang buruk. Saya pernah menjadi orang yang jahat jadi saya menghabiskan waktu berpartisipasi dalam konsultasi dan kelas,” jelas Aaron Yan.

Aaron Yan mengakhiri pernyataannya dengan berkata ia siap menemui Yao Le secara langsung. Pernyataan itu tidak digubris oleh Yao Le.

Konferensi Pers

Yao Le membuat konferensi pers pada Rabu, 21 Juni dan membicarakan kejadian tersebut. Aaron Yan datang ke konferensi tanpa diundang dan terlihat membungkukkan badan. Aaron mengatakan ia tidak akan mengganggu proses konferensi pers.

“Yao Le, saya di sini untuk minta maaf atas hal yang tidak seharusnya Anda hadapi selama hidup Anda. Saya minta maaf. Jika Ada isu yang berlanjut, saya akan merespons,” kata Aaron Yan di hadapan Yao Le.

Ketika pergi dari konferensi pers, Aaron Yan mengklaim semua yang dilakukan atas dasar konsesual yang artinya kedua pihak mengetahui apa yang terjadi selama mereka menjalin hubungan.

“Benar. Kami memang pernah memiliki hubungan. Tapi (rekaman) itu tidak diambil diam-diam,” kata Aaron Yan.

“Saya tidak memaksa dia untuk melakukan apapun. Saya tidak bisa membayangkan dia akan melakukan cara ini,” lanjutnya.