Jaga Elastisitas Kulit Wajah, Ini 10 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Setiap Hari
Ilustrasi (Ron Lach/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Penuaan dini bisa terjadi pada siapa saja. Salah satu tandanya yaitu kulit wajah yang mulai mengendur. Untuk itu, menjaga elastisitas kulit perlu dilakukan. Meski tak ada obat mujarab yang bisa tingkatkan elastisitas, tapi ada beberapa teknik mudah yang bisa Anda praktikkan di rumah.

Jika dilakukan secara konsisten, ini dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dari waktu ke waktu. Namun, penting dicatat bahwa hasil yang ditampilkan bisa bervariasi dan solusi ini harus dilakukan bersamaan dengan gaya hidup sehat dan rutinitas perawatan kulit. Berikut beberapa sarannya disadur dari Times of India, Jumat, 16 juni.

Tetap terhidrasi: Minum air dalam jumlah yang cukup dapat membantu menjaga hidrasi kulit. Kulit yang terhidrasi dengan baik sangat berpengaruh pada elastisitas. Untuk itu, Anda disarankan konsumsi air setidaknya delapan gelas air per hari.

Diet seimbang: Makan makanan bergizi kaya buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, dan lemak sehat bisa memberi nutrisi penting untuk kesehatan kulit. Sertakan juga makanan tinggi kandungan vitamin A, C, E, dan antioksidan.

Massage: Massage wajah secara teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang produksi kolagen. Massage wajah Anda dengan lembut menggunakan minyak alami seperti minyak kelapa atau almond dengan gerakan sapuan ke atas.

Olahraga: Terlibat dalam aktivitas fisik secara teratur mampu meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan. Lakukan beberapa olahraga yang melibatkan peregangan dan pengencangan, seperti yoga atau Pilates.

Olahraga wajah: Beberapa olahraga wajah dapat membantu mengencangkan otot di bawah kulit, berpotensi meningkatkan elastisitasnya. Misalnya, Anda bisa mencoba latihan yoga wajah yang menargetkan area tertentu, seperti senam dahi atau pipi.

Eksfoliasi: Eksfoliasi kulit secara teratur bertujuan menghilangkan sel kulit mati dan merangsang pembaharuan sel. Eksfoliasi juga dapat meningkatkan penyerapan pelembab dan produk perawatan kulit lainnya. Gunakan exfoliator lembut yang cocok untuk jenis kulit Anda.

Moisturizer: Mengaplikasikan pelembab berkualitas baik setiap hari membantu menjaga kulit Anda tetap terhidrasi, yang dapat memperbaikinya elastisitas. Carilah produk yang mengandung bahan-bahan seperti asam hialuronat, ceramide, dan shea butter.

Gunakan sunscreen: Lindungi kulit Anda dari sinar UV yang berbahaya dengan memakai tabir surya dengan SPF tinggi, menggunakan pelindung pakaian, dan mencari keteduhan. Kerusakan akibat sinar matahari dapat menyebabkan penuaan dini dan hilangnya elastisitas.

Berhenti merokok: Merokok diketahui merusak serat kolagen dan elastin, yang menyebabkan berkurangnya elastisitas kulit. Berhenti merokok dapat meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit Anda secara signifikan.

Tidur yang cukup: Tidur yang cukup berkualitas memungkinkan tubuh Anda untuk memperbaiki dan meremajakan kulit. Usahakan untuk sisihkan waktu tidur 7-8 jam setiap malam untuk meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.