4 Alasan Kenapa Hubungan Seks yang Baik Bantu Membangun Kedekatan dengan Pasangan
Ilustrasi hubungan seks yang baik membangun kedekatan dengan pasangan (Freepik/jcomp)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Aktivitas seksual dan orgasme meningkatkan kadar oksitosin bagi perempuan dan pria. Oksitosin berperan dalam meningkatkan rasa percaya, mengurangi stres, terkait juga dengan perasaan cinta, hasrat seksual, dan ikatan di antara pasangan romantis. Selain itu, oksitosin juga membuat Anda lebih dekat dengan pasangan serta membantu menjaga kesetiaan.

Dalam aktivitas seksual, ternyata memiliki empat hal yang berkaitan dengan membangun kedekatan setiap pasangan.  Apa saja hal tersebut, berikut ini daftarnya.

1. Lebih banyak waktu self-disclosure saat pillow talk

Pengungkapan diri atau self-disclosure banyak dilakukan pasangan kekasih setelah berhubungan seks. Penting diketahui, semakin banyak pengungkapan diri setelah berhubungan seks dikaitkan dengan peningkatan kedekatan dan kepuasan hubungan, menurut penelitian dilansir Psychology Today, Senin, 15 Mei.

Menariknya, wanita yang mencapai orgasme saat berhubungan seks lebih banyak melakukan pillow talk. Para wanita ini juga cenderung mengatakan hal-hal yang lebih positif tentang hubungan mereka dalam pengungkapan pasca-seks kepada kekasih mereka. Berbagi rahasia telah terbukti meningkatkan keintiman yang secara melingkar, dapat meningkatkan hasrat seksual.

hubungan seks yang baik membangun kedekatan dengan pasangan
Ilustrasi hubungan seks yang baik membangun kedekatan dengan pasangan (Freepik)

2. Kepuasan pernikahan meningkat

Berangkat dari asumsi bahwa pasangan menikah berhubungan seksual, maka penting dipahami perihal efek hubungan seksual. Beberapa pasangan merasa puas secara seksual setelah hubungan seksual berakhir. Ini disebut perasaan seksual yang bisa bertahan hingga dua hari penuh. Selain itu, semakin lama perasaan seksual mereka bertahan, semakin banyak kepuasan pernikahan yang dilaporkan pasangan dari waktu ke waktu.

3. Merasakan cinta dan hasrat seksual

Semakin baik aktivitas seksualnya, maka semakin besar pengaruhnya pada hasrat seksual. Ahli mengaitkan ini dengan aktivitas thalamus, hippocampus, dan anterior cingulate cortex yang aktif ketika seseorang merasakan cinta dan hasrat seksual. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa cinta tumbuh dari perasaan menyenangkan dari hasrat dan kepuasan seksual.

4. Meningkatkan keintiman pasangan

Masih karena oksitosin yang diproduksi setelah aktivitas seksual yang baik dan memuaskan. Oksitosin membantu membuat Anda merasa lebih dekat dengan pasangan dan membuat Anda lebih dekat juga secara fisik maupun emosional.

Madeleine A. Fugère, Ph.D., professor sosial psikologi yang ahli dalam hubungan romantis dan ketertarikan pasangan, mengemukakan bahwa baik dalam hubungan baru atau yang sudah puluhan tahun, hubungan seks yang baik dapat membuat hubungan Anda dan pasangan lebih dekat.