Cara Mengidentifikasi Kebutuhan Emosional Dasar dalam Hubungan
Ilustrasi (Mizuno K/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Semua orang menjalin hubungan sebab pada dasarnya manusia perlu mencintai dan dicintai serta merasa dihargai dan aman. Tapi ini bukan satu-satunya kebutuhan dasar yang dicari setiap orang dalam hubungan romantis. Jadi, apa saja kebutuhan emosional dasar tersebut dan bagaimana cara mengidentifikasinya? Berikut melansir Life Hack, Selasa, 9 Mei.

1. Identifikasi Bahasa Cinta Anda

Bahasa cinta adalah konsep yang pertama kali dijelaskan pada 1990-an oleh Gary Chapman, Ph.D. Intinya, bahasa cinta merupakan cara Anda menerima dan mengungkapkan kasih sayang dalam hubungan.

Jika Anda dapat mengidentifikasi bahasa cinta, maka Anda dapat lebih memahami kebutuhan dasar Anda dalam suatu hubungan. Ada lima jenis bahasa cinta yakni, sentuhan fisik, kata-kata penegasan, waktu berkualitas, menerima hadiah, dan tindakan. 

Setiap bahasa cinta dapat diterjemahkan menjadi kebutuhan emosional dasar, sentuhan fisik adalah keintiman fisik dan seks, kata-kata penegasan sama dengan dukungan emosional, menerima hadiah berarti perhatian, tindakan dilakukan melalui bantuan dan dukungan, serta waktu yang berkualitas berarti keterikatan.

2. Putuskan Apa yang Saat Ini Membuat Anda Bahagia atau Sedih

Anda dapat menggunakan latihan sederhana untuk mencari tahu apa yang Anda hargai atau tidak tahan dalam suatu hubungan. Awali dengan mengidentifikasi hal-hal yang Anda sukai. Tulis "saya suka saat atau senang saat" di selembar kertas setidaknya 10 hingga 15 kali. Kemudian, buat akhir yang cocok. Anda dapat menggunakan hubungan saat ini atau masa lalu sebagai contoh. Hal-hal yang ditulis adalah kebutuhan Anda.

Jika Anda tidak dapat mendefinisikan dengan jelas apa yang paling penting bagi Anda dalam suatu hubungan, cobalah pendekatan sebaliknya. Itu berarti menunjukkan kualitas atau tindakan yang Anda anggap tidak dapat diterima. Dan lagi, ambil selembar kertas dan tulis “aku tak tahan kalau atau aku tak suka jika” beberapa kali dan selesaikan setiap kalimat.

3. Tetapkan Prioritas

Ketika Anda memiliki daftar kebutuhan, saatnya memutuskan mana yang harus dimiliki. Tidak apa-apa memiliki banyak standar dan berjuang untuk kesempurnaan. Namun sayangnya, Anda mungkin tidak akan menemukan orang yang memenuhi semua persyaratan.

Metode berikut akan membantu mempersempit kebutuhan Anda menjadi lima hingga tujuh hal kritis. Tulis kebutuhan Anda di selembar kertas kecil dan tulis hal apa yang menurut Anda paling penting dan letakkan di depan Anda di atas meja atau permukaan lainnya.

4. Diskusikan Kebutuhan Anda Dengan Pasangan

Percakapan adalah cara yang efektif untuk memeriksa kecocokan pasangan dan melihat apakah mereka melihat hal yang sama. Selain itu, ini akan membantu membandingkan nilai dan batasan Anda dan menentukan apakah Anda membagikannya.

Kapan sebaiknya Anda mulai menyebutkan kebutuhan inti Anda? Hal-hal seperti memiliki anak dan membelanjakan uang agak canggung untuk didiskusikan pada kencan pertama. Lainnya, seperti preferensi liburan, aman untuk dibicarakan kapan saja.

Umumnya, Anda harus menunggu empat hingga lima kali berkencan untuk bisa bertanya hal-hal serius. Sementara itu, pastikan chemistry dan koneksi emosional sebelum membahas topik serius. Jika tidak, tidak ada gunanya membuang waktu untuk mencocokkan nilai kehidupan dengan pasangan.