Profil Hengky Kurniawan: Merantau Jadi Artis Sinetron, Kini Dilaporkan ke KPK
Hengky Kurniawan (Instagram @hengkykurniawan)

Bagikan:

JAKARTA - Sosok Hengky Kurniawan seketika menjadi perbincangan publik. Namanya dilaporkan oleh kelompok Aktivis Pemuda Bandung Barat ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas dugaan meminta uang terkait mutasi dan rotasi jabatan.

"Kami warga Bandung Barat mendorong upaya penyidikan dan penyelidikan yang akan dilakukan KPK atas laporan kami terkait terjadinya korupsi rotasi, mutasi dan promosi yang dilakukan Bupati Bandung Barat Hengky kurniawan dan kroninya," kata Ketua Aktivis Pemuda Bandung Barat Bilal Al Fariz di gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis, 11 Mei.

Hengky Kurniawan diduga menerima uang saat melakukan rotasi jabatan. Bilal menjelaskan alur perpindahan jabatan tidak sesuai dengan lini waktu yang tidak teratur. Pihak KPK dan Hengky Kurniawan belum menjelaskan proses laporan yang disampaikan Bilal.

Tentunya hal ini menjadi kejutan di tengah arus politik yang mulai ramai. Hengky Kurniawan juga terhitung masih baru menjabat sebagai Bupati Bandung Barat sejak November 2022. Meski begitu namanya sudah lama tersorot media massa karena pernah dikenal sebagai artis sinetron.

Berikut profil lengkap Hengky Kurniawan:

Hengky Kurniawan merantau ke Jakarta untuk berkarier di dunia hiburan. Visualnya yang menarik membuat namanya langganan dalam sejumlah sinetron sebut saja Pelangi di Matamu, Bintang Dilangit, Senandung Masa Puber, ABG, Cintailah Aku, dan lainnya.

Pada tahun 2004, ia debut akting dalam layar lebar lewat film Buruan Cium Gue. Film ini sempat menuai protes karena dianggap menormalkan adegan zina. Setahun kemudian, film ini dirilis ulang menjadi Satu Kecupan.

Di tengah kariernya, Hengky Kurniawan juga selalu diperbincangkan karena kehidupan pribadinya. Ia pernah menjalin hubungan dengan beberapa figur publik, seperti Bunga Citra Lestari, Kiki Amalia, hingga Masayu Anastasia yang menjadi lawan mainnya.

Tahun 2008, Hengky resmi menikah dengan artis Christy Jusung di Jakarta Utara. Saat itu bersamaan dengan kabar kehamilan Christy yang dikonfirmasi dengan alasan mereka sudah menikah siri hingga perjanjian kerja. Pernikahan itu hanya bertahan selama empat tahun.

Tiga tahun kemudian, Hengky Kurniawan menikah dengan Sonya Fatmala, artis yang 11 tahun lebih muda darinya. Setelah itu Hengky juga masih aktif berakting dalam berbagai judul sinetron bergenre religi.

Hingga pada tahun 2018 ia menjadi kader Partai Demokrat. Setahun berlalu ia berpindah ke PDI-P. Hengky pun secara resmi menjadi Wakil Bupati Bandung Barat pada 21 September 2018 bersamaan dengan Aa Umbara.

Beberapa tahun, Hengky Kurniawan naik tingkat menjadi Bupati Bandung Barat karena Aa Umbara terbukti melakukan kasus korupsi. Lama tidak tampil, namanya justru kini dibicarakan lantaran diduga meminta uang untuk melakukan rotasi jabatan.