Kenali Bahan Aktif yang Mampu Cegah Dermatitis Atopik Kambuh Kembali
Ilustrasi (RF Studio/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Pakar kosmetik di Skinproof Apt Ike Indrawanti, S. Farm mengatakan bahan aktif dalam kosmetik, yakni AD-Resyl, mampu mencegah tanda-tanda klinis kondisi dermatitis atopik seperti gatal dan sensasi kulit seperti terbakar.

Dermatitis atopik merupakan peradangan kulit atau eksim yang ditandai kulit kering, gatal terus menerus dan ruam merah di kulit. Ike mengatakan, berdasarkan jurnal, kondisi ini dialami sekitar 15 - 20 persen anak di seluruh dunia dan dua hingga 10 persen pada orang dewasa.

Menurut Mayo Clinic, dermatitis atopik sering dimulai sebelum usia lima tahun dan dapat berlanjut hingga masa remaja dan dewasa. Pada sebagian orang, kondisi dapat muncul dan hilang untuk sementara waktu, bahkan selama beberapa tahun.

"Biasanya kalau ke dokter lebih dikasih kortikosteroid. Kalau enggak mau ke dokter, pilih bahan aktif salah satunya ADResyl karena mampu memperlama kekambuhan gatal atau burning yang dimunculkan dari atopik," kata dia melansir ANTARA.

Menurut Ike, AD-Resyl juga mampu memperbaiki skin barrier atau lapisan kulit paling atas yang berfungsi sebagai pelindung dari radikal bebas sekaligus menyeimbangkan mikrobiota.

"Skin barrier jadi lebih bagus, inflamasi berkurang, mikrobiota seimbang karena dalam tubuh mikrobiota banyak sekali dan terganggu kalau alami gatal, dermatitis. AD-Resyl membantu memperbaikinya," kata dia menjelaskan.

Ike mengatakan AD-Resyl menjadi salah satu kandungan aktif dalam kosmetik yang sedang naik daun. Selain bahan itu, masih ada sejumlah bahan lain yang juga menjadi tren, salah satunya Bel-Even yang dapat berfungsi untuk meredakan stres pada kulit.

Stres pada kulit bisa disebabkan sejumlah hal antara lain diet, paparan polusi dan sinar biru, pekerjaan yang menumpuk, kebiasaan bergadang dan lainnya.

"Bel-Even mengontrol atau menyeimbangkan kembali hormon stres yang ada di dalam tubuh," ujar Ike.

Bahan aktif lainnya yang juga menjadi tren yakni Adeplump yang dapat menghasilkan tampilan plumping (berisi) pada kulit dan bibir. Menurut Ike, tampilan plumping bisa membuat kulit tampak lebih cerah.

"Ketika gunakan bahan ini, (jaringan) adiposa sel akan lebih besar sehingga menyebabkan plumping pada bagianbagian wajah," kata Ike.

Selain dua bahan tadi, masih satu bahan lain yang sedang naik daun yakni Algativ Genofix Nite yang bermanfaat untuk mengoptimalkan pemulihan dan perbaikan sel-sel kulit pada malam hari.