Bintik Merah Gatal Menyebar: Ini Langkah yang Harus Dilakukan
Bintik merah gatal menyebar (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Anda mungkin pernah merasakan ruam atai breca meras di beberapa titik, baik dari racun dari tanaman, serangga atau cacar air atau sesuatu yang menyebalkan dan menyiksa bukan? Mengapa kulit Anda ada bercak merah seperti itu? Lebih penting lagi, apakah ada yang dapat Anda lakukan untuk menangani bintik merah gatal menyebar ?

Kita sering menganggap kulit sebagai penghalang, kulit menjaga bagian dalam tubuh kita tetap masuk, dan mencegah dunia luar keluar. Tapi kulit kita juga dipenuhi dengan sel-sel khusus dari sistem kekebalan tubuh. Sel-sel ini melindungi kulit dan tubuh dari virus, bakteri, dan ancaman lainnya. Setiap kali sel-sel ini mendeteksi zat yang mencurigakan, mereka memulai reaksi berantai di kulit yang menyebabkan peradangan. Nama medis untuk reaksi ini adalah dermatitis. Tapi itu lebih dikenal sebagai ruam.

Ada banyak jenis dermatitis, dan masing-masing memiliki perawatan yang berbeda. Terkadang sel imun kulit bereaksi terhadap sesuatu yang bersentuhan langsung dengan kulit. Di lain waktu, sistem kekebalan menyala di kulit karena infeksi atau penyakit di seluruh tubuh.

Gejala Bintik Merah Gatal Menyebar 

Bercak Merah (Clinicaladvisor)

Gejala dari berbagai jenis ruam ini sering tumpang tindih. "Gatal adalah gejala umum untuk semua masalah ini," kata Dr. Stephen I. Katz, direktur Institut Nasional Penyakit Arthritis dan Muskuloskeletal dan Kulit NIH. Banyak ruam berwarna merah, nyeri, dan iritasi. Beberapa jenis ruam juga dapat menyebabkan lepuh atau bercak kulit mentah. Sementara sebagian besar ruam sembuh dengan cukup cepat, yang lain bertahan lama dan perlu dirawat dalam jangka waktu yang lama.

Eksim, atau dermatitis atopik, adalah ruam kering, merah, dan gatal yang menyerang 1 dari 5 bayi dan anak kecil. Ini sering membaik dari waktu ke waktu, meskipun bisa bertahan hingga dewasa atau mulai di kemudian hari. Dalam kondisi ini, penghalang kedap air antara sel-sel kulit menjadi lemah, yang memungkinkan kelembapan keluar dan hal-hal lain masuk. Itu sebabnya penderita dermatitis atopik harus melembabkan kulitnya, dan mereka lebih rentan terhadap infeksi kulit.

Para peneliti baru-baru ini mengidentifikasi gen spesifik yang terlibat dalam menjaga penghalang kulit. Orang dengan versi tertentu dari gen ini lebih mungkin terkena dermatitis atopik.

“Kulit adalah penjaga terluar untuk melawan bakteri dan agen berbahaya,” kata Katz. "Jika penghalang itu entah bagaimana rusak, kamu bisa menjadi lebih alergi terhadap sesuatu."

Alergi Kulit

Alergi kulit, atau dermatitis kontak alergi, menghasilkan ruam merah dan gatal yang terkadang disertai lepuh atau benjolan kecil. Ruam muncul saat kulit bersentuhan dengan alergen, zat yang biasanya tidak berbahaya yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Alergen memicu reaksi alergi. Alergen bisa berasal dari sabun, krim, dan bahkan hewan peliharaan tertentu.

Sistem kekebalan Anda mungkin tidak bereaksi saat pertama kali Anda menemukan alergen. Namun seiring waktu, sistem kekebalan Anda bisa menjadi sensitif terhadap zat tersebut. Akibatnya, kontak Anda berikutnya dapat menyebabkan peradangan dan ruam alergi.

“Bentuk dermatitis paling umum yang terlihat di mana saja adalah dermatitis kontak alergi terhadap nikel,” kata Katz. "Mengapa? Karena tindik telinga.” Banyak anting murah yang terbuat dari nikel, dan seiring waktu, memakai anting nikel dapat menyebabkan reaksi alergi terhadap logam tersebut.

Penyebab umum lain dari dermatitis alergi adalah racun tanaman dan serangga. Batang dan daun tanaman ini menghasilkan bahan kimia yang kemungkinan besar menyebabkan alergi. Jika Anda menyentuh salah satunya, cuci kulit Anda sesegera mungkin. Bahan kimia juga dapat bertahan lama di pakaian, jadi penting untuk mencuci pakaian atau sepatu apa pun atau bahkan hewan peliharaan yang bersentuhan dengan tanaman ini.

Kasus ringan dermatitis kontak alergi biasanya hilang setelah beberapa hari atau minggu. Tetapi jika ruam terus berlanjut, sangat tidak nyaman atau muncul di wajah, penting untuk menemui dokter. Seorang dokter dapat meresepkan obat yang akan menurunkan reaksi kekebalan di kulit. Ini meredakan bengkak dan gatal serta akan melindungi mata dan wajah Anda.

Sel-sel kekebalan kulit juga dapat menghasilkan ruam saat bereaksi terhadap serangan kuman seperti bakteri, jamur, dan virus. Infeksi bakteri dan virus di dalam tubuh Anda juga dapat menyebabkan kulit Anda berjerawat. Virus cacar air, misalnya, dapat menyebabkan bintik-bintik gatal pada anak. Bertahun-tahun kemudian, pada orang dewasa yang lebih tua, virus yang sama dapat muncul kembali sebagai herpes zoster, menyebabkan ruam yang menyakitkan dan demam tinggi. Vaksin dapat mencegah beberapa penyakit penyebab ruam, termasuk cacar air, herpes zoster, dan campak.

Obat-obatan tertentu, termasuk antibiotik seperti amoksisilin, juga dapat menyebabkan ruam kulit yang gatal. Jika Anda alergi terhadap suatu obat, ruam bisa menjadi tanda pertama dari reaksi serius. Seperti alergi lainnya, reaksi terhadap suatu obat mungkin tidak terjadi saat pertama kali Anda meminumnya. Itu bisa muncul setelah beberapa penggunaan. Namun, tidak semua ruam obat disebabkan oleh alergi. Jika Anda berjerawat di tempat yang gatal setelah memulai resep obat baru, segera hubungi dokter Anda.

Meskipun sebagian besar ruam membaik seiring berjalannya waktu, beberapa dapat bertahan seumur hidup. Psoriasis, suatu kondisi di mana sel-sel kulit menumpuk menjadi bercak merah tebal, cenderung diturunkan dalam keluarga. “Ini adalah penyakit genetik yang kompleks, karena tidak hanya satu gen yang menyebabkan psoriasis, tetapi banyak,” kata Katz. Meskipun tidak satu pun dari gen ini saja yang memiliki efek besar pada penyakit, mengetahui gen mana yang terlibat dapat membantu peneliti merancang pengobatan baru yang potensial. Penyakit jangka panjang lainnya yang dapat menyebabkan ruam termasuk penyakit autoimun, seperti lupus, dan beberapa jenis kanker.

Apa yang Harus Dilakukan?

Jika Anda melihat ruam yang gatal atau nyeri pada kulit Anda, pikirkan dua kali sebelum pergi ke toko obat dan membeli krim jika Anda tidak mengetahui penyebabnya. “Krim yang Anda beli dapat menimbulkan masalah yang membuat masalah awal Anda menjadi lebih buruk,” kata Katz. Karena ruam dapat disebabkan oleh berbagai hal—bakteri, virus, obat-obatan, alergi, kelainan genetik, dan bahkan cahaya penting untuk mengetahui jenis dermatitis yang Anda derita.

“Jika Anda mengalami ruam yang signifikan, Anda harus menemui dokter kulit,” kata Katz. Seorang dokter kulit, atau dokter kulit, dilatih secara khusus untuk mencari tahu penyebab ruam dan membantu Anda mendapatkan perawatan yang tepat.

Kulit Anda adalah perlindungan Anda. Bukan hanya penutup yang membuat tubuh Anda tetap masuk; itu juga garis pertahanan pertama Anda melawan kuman dan bahan kimia. Rawat kulitmu agar kulitmu bisa merawatmu.

Jadi setelah mengetahui bintik merah gatal menyebar , simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!