Waktu Terbaik untuk Sarapan Ada di Jam Berapa?
Waktu Terbaik Untuk Sarapan(Gambar THE 5TH - Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pengaturan waktu adalah segalanya, seperti yang mereka katakan. Dan ada benarnya juga, setidaknya saat Anda makan. Baru-baru ini, para peneliti telah menyelidiki bagaimana waktu makan dapat memengaruhi kesehatan metabolisme Anda bagaimana tubuh Anda merespons makan. Kali ini Kita bakal upas tunas terkait waktu terbaik untuk sarapan.

Misalnya, ada bukti yang menunjukkan bahwa waktu makan yang optimal dapat memengaruhi pembakaran kalori harian, hormon lapar dan kenyang, regulasi gula darah, peradangan, dan tidur faktor-faktor yang berperan dalam kesejahteraan Anda sekarang dan di masa depan. Inilah waktu terbaik untuk makan, menurut sains.

Waktu Terbaik Untuk Sarapan

Waktu terbaik untuk mulai makan bergantung pada ritme sirkadian tubuh Anda,  sistem kompleks yang digerakkan oleh siklus terang dan gelap matahari.

Jam internal ini memengaruhi hormon, pencernaan, dan lainnya. Jika Anda memikirkannya, itu masuk akal. Tubuh Anda lebih efisien dalam memetabolisme makanan di awal hari saat sebagian besar dari kita lebih aktif.

Bagaimanapun, makanan adalah yang membantu tubuh Anda menciptakan energi, yang mungkin menjelaskan mengapa para peneliti menemukan bahwa pemakan sarapan lebih aktif di pagi hari daripada yang melewatkan sarapan.

Penelitian lain menawarkan wawasan tambahan tentang manfaat makan lebih awal. Sebuah studi terhadap 10.575 orang dewasa menemukan bahwa orang yang sarapan lebih awal sebelum pukul 08.30 memiliki kadar gula darah yang lebih rendah dan faktor resistensi insulin yang lebih sedikit yang menurunkan kemungkinan diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang makan lebih lambat.

Ada juga bukti yang menunjukkan bahwa orang yang sarapan setiap hari cenderung memiliki kolesterol LDL tinggi, kolesterol HDL rendah (jenis yang baik untuk Anda), dan tekanan darah tinggi. Dengan kata lain, menjadikan sarapan sebagai bagian dari rutinitas harian Anda dapat menurunkan faktor risiko penyakit jantung.

Mengapa melewatkan sarapan adalah ide yang buruk?

Menurut survei yang dilakukan oleh Food Insight, lebih dari 90% orang Amerika setuju bahwa itu adalah makanan terpenting hari ini, namun hanya 44% yang sarapan setiap hari.

Melewatkan sarapan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan termasuk stres, kelelahan, dan peningkatan kerentanan terhadap obesitas dan diabetes.

Jadi setelah mengetahui waktu terbaik untuk sarapan, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!