<i>Dog Lovers</i> Perlu Tahu, Ini Durasi Waktu yang Dibutuhkan Anjing Jalan-jalan
Ilustrasi durasi anjing jalan-jalan (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Setiap hari, anjing perlu diajak jalan-jalan agar sehat secara mental, emosional, dan fisik. Jalan-jalan bagi anjing juga menstimulasi mentalnya untuk mengenali bau, bersosialisasi dengan anjing lain, dan menjelajahi dunia di sekitarnya.

Selain yang dijelaskan di atas, jalan-jalan bagi anjing juga penting untuk mengatasi kebosanan. Ini membuatnya lebih bahagia dan lebih rileks. Melansir Psychology Today, Kamis, 16 Februari, anjing senior biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk jalan-jalan daripada anjing muda. Tetapi banyak anjing ras tertentu yang hanya butuh waktu tak lama untuk mencegah cedera pada persendian dan otot.

Anjing tua, membutuhkan waktu 20-30 menit jalan kaki. Bisa juga mengalokasikan waktu lebih lama kalua kondisi tubuhnya prima. Kalau anjing dewasa, berilah waktu lebih lama untuk jalan-jalan. Tetapi, jangan abaikan ras, tipe tubuh, dan kepribadian anjing. Sebagian besar, anjing tertentu membutuhkan waktu bersenang-senang dengan jalan-jalan lebih lama. Penting juga mengalokasikan waktu dua kali sehari untuk jalan-jalan.

Anjing ras kecil, seperti Chihuahua, Malta, Papillon, Pomeranian, dan Yorkshire Terrier biasanya membutuhkan waktu jalan lebih pendek. Karena kaki kecil mereka bergerak lebih banyak untuk menempuh jarak yang sama dengan kaki anjing yang lebih besar. Sama dengan anjing bulldog dan pug, mereka membutuhkan jalan kaki lebih pendek karena moncong hidung pendek membuat anjing lebih sulit bernapas saat berolahraga.

durasi anjing jalan jalan
Ilustrasi durasi anjing jalan-jalan (Freepik/Senivpetro)

Ras anjing dengan punggung panjang dan kaki pendek seperti Basset hound, Dachshund, Pembroke Welsh corgi, dan Scottish terrier, mungkin membutuhkan jalan kaki yang lebih pendek. Meskipun hal ini bergantung pada ras dan masing-masing anjing. Beberapa anjing berkaki pendek baik-baik saja dengan berjalan lebih lama, jadi bicarakan dengan dokter hewan Anda dan ukur kemampuan anjing Anda.

Untuk anjing kecil, ras anjing berwajah datar, dan ras anjing kerdil, mulailah berjalan kaki sekitar 15 hingga 30 menit, dua kali sehari. Mulailah jalan-jalan ini dalam cuaca yang lebih sejuk untuk memudahkan anjing Anda. Jika anjing Anda senang berjalan-jalan, dan tampaknya senang berjalan lebih lama, Anda dapat secara bertahap memperpanjang jarak berjalannya, selalu berhenti sebelum anjing Anda kelelahan.

Ras sedang hingga besar, seperti beagle, English springer spaniel, golden retriever, dan Labrador retriever, biasanya dapat berjalan lebih lama, asalkan anjing tersebut dalam keadaan sehat dan fisik yang baik. Trah ini biasanya dapat berjalan-jalan sedang dan jauh dengan mudah.

dirasi anjing jalan jalan
Ilustrasi durasi anjing jalan-jalan (Freepik/Marymarkevich)

Berbeda dengan ras atletis, seperti Australian shepherd, Boerder collie, Siberian husky, vizsla, dan Weimaraner perlu berangsur menambah kecepatan berjalan untuk stamina. Mereka membutuhkan waktu jalan lebih lama agar tenang dan bahagia di rumah. Mulailah dengan jalan kaki sekitar 30 hingga 60 menit, dua kali sehari. Tingkatkan durasi dan frekuensi jalan-jalan sebanyak yang membuat anjing Anda merasa nyaman dan bersemangat.

Ditambah lagi, sesuaikan perjalanan anjing dengan berat badan atau kondisi kesehatannya. Biasanya, yang terbaik adalah meningkatkan panjang anjing jalan-jalan secara bertahap. Maka, awali dengan rute lebih pendek dan waktu singkat lalu tambah secara bertahap. Penting untuk Anda memperhatikan kondisi anjing saat jalan-jalan. Akhiri perjalanan sebelum mereka terlalu lelah yang ditandai dengan jalan melambat, terengah-engah, menolak jalan ke depan, atau berbaring. Kalau ini terjadi, beri waktu mereka istirahat dan ambil jalan pulang.