5 Hal dari Hewan Peliharaan Kesayangan yang Bantu Mengatasi <i>Overwhelmed</i> atau Kewalahan
Ilustrasi mengatasi overwhelmed atau kewalahan dengan belajar dari hewan peliharaan kesayangan (Freepik/Alexeyzhilkin)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ketika hewan peliharaan di rumah memiliki tugas yang harus dilakukan, misalnya anjing, mereka memberikan perhatian penuh. Ternyata ini yang juga perlu dilakukan setiap orang ketika menyelesaikan tugasnya. Ini berarti, melakukan multitasking atau menyelesaikan banyak pekerjaan dalam satu waktu tidak akan efektif. Justru akan membuat Anda merasa kewalahan atau overwhelmed. Untuk itu, kita bisa belajar beberapa hal sederhana dari hewan peliharaan kesayangan di rumah. Apa saja? Ini daftarnya.

1. Rutin bergerak setiap hari

Baik hewan peliharaan dua atau empat kaki, mereka bergerak setiap hari. Begitu pula Anda harus berjalan rutin setiap hari. Ini bukan hanya berjalan kaki, tetapi juga bergerak dalam hal lain. Misalnya mengerjakan satu tugas sedikit demi sedikit secara konsisten sehingga bisa selesai sesuai tenggat waktu tanpa harus menunda jam tidur malam Anda.

Rutin bergerak, atau berjalan, juga menyehatkan jantung. Selain juga bermanfaat melawan stres, menurunkan berat badan, menurunkan risiko diabetes tipe 2, menurunkan risiko kanker, hingga menjaga tulang kuat. Di samping itu, berjalan rutin menjaga pikiran Anda tetap tajam.

mengatasi overwhelmed atau kewalahan
Ilustrasi mengatasi overwhelmed atau kewalahan (Freepik)

2. Tidur siang

Anda tidak akan melihat hewan peliharaan dari fajar hingga senja tanpa menutup mata. Mereka memiliki waktu istirahat, seperti dengan tidur siang. Menurut sebuah penelitian dilansir WebMD, Minggu, 15 Januari, menunjukkan bahwa tidur siang memiliki kemungkinan lebih kecil 37 persen meninggal karena penyakit jantung. Tidur siang dalam waktu singkat juga dapat meningkatkan kewaspadaan dan performa kerja.

3. Mengembangkan persahabatan

Manusia adalah makhluk sosial, dan persahabatan memiliki manfaat kesehatan yang terukur. Para peneliti di Australia mengikuti 1.500 orang tua selama 10 tahun. Mereka yang memiliki teman paling banyak memiliki kemungkinan 22% untuk hidup lebih lama daripada mereka yang memiliki teman paling sedikit.

mengatasi overwhelmed atau kewalahan
Ilustrasi mengatasi overwhelmed atau kewalahan (Freepik)

4. Hidup di saat ini

Hidup di saat ini mungkin merupakan salah satu pelajaran terpenting yang dapat kita pelajari dari hewan peliharaan kita. Dalam sebuah penelitian berjudul A Wandering Mind Is an Unhappy Mind, psikolog Harvard menyimpulkan bahwa orang paling bahagia saat melakukan aktivitas yang membuat pikiran tetap fokus, seperti seks atau olahraga. Merencanakan, mengenang, atau memikirkan apa pun selain aktivitas saat ini dapat merusak kebahagiaan.

5. Tak menyimpan dendam

Bagian dari hidup pada saat ini adalah membiarkan masa lalu berlalu. Lepaskan dendam lama, dan Anda benar-benar akan bernapas lebih lega. Kemarahan kronis telah dikaitkan dengan penurunan fungsi paru-paru, sementara memaafkan berkontribusi menurunkan tekanan darah dan mengurangi kecemasan. Orang yang memaafkan juga cenderung memiliki harga diri yang lebih tinggi.

Itulah kelima hal yang bisa dipelajari dari hewan peliharaan kesayangan untuk mengatasi overwhelmed atau kelelahan serta lebih fokus dan tenang dalam mengerjakan tugas. Pada prinsipnya, hal-hal di atas bisa digali dan dijadikan kebiasaan baik untuk selalu menjaga kesehatan mental.