Bantu Otak Melepaskan Dopamin, Lakukan 6 Aktivitas Ini Rutin Setiap Hari
Ilustrasi aktivitas sehari-hari yang bantu otak melepaskan dopamin (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyak aktivitas rutin sehari-hari, yang mungkin sudah Anda lakukan, tetapi tak disadari manfaatnya. Aktivitas ini, bermanfaat membantu otak melepaskan dopamin. Dopamin, adalah bahan kimia yang berkontribusi menciptakan rasa nyaman dan diproduksi oleh otak. Intinya, senyawa kimia ini membuat Anda merasa bahagia.

Direktur neurologis dan profesor neurologi di Ohio State University Waxner Medical Center, dokter Kiran F. Rajneesh, mengatakan kalau aktivitas tertentu berpartisipasi membantu otak melepaskan dopamin dalam jumlah besar. Sepanjang evolusi, dopamin bertugas merasakan penghargaan, mempelajari tempat dan aktivitas yang mengarah pada penghargaan dan juga memotivasi Anda untuk mendapatkan penghargaan, tambah dokter Hitoshi Morikawa, profesor asosiasi di departemen ilmu pengetahuan, ilmu saraf, dan psikiatri di Universitas of Texas, Austin.

Lantas, aktivitas apa yang bisa bantu otak melepaskan dopamin? Berikut daftarnya.

1. Makan

Dalam pemahaman prasejarah, makan diperlukan untuk bertahan hidup. Tetapi juga karena mengaktifkan dopamine atau sensor penghargaan. Faktanya, Rajneesh mengatakan bahwa aktivitas apa pun yang melindungi secara revolusioner dan penting untuk kesejahteraan dan kelangsungan hidup kita dengan pelepasan dopamin.

aktivitas sehari-hari yang bantu otak melepaskan dopamin
Ilustrasi aktivitas sehari-hari yang bantu otak melepaskan dopamin (Freepik)

2. Minum

Saat Anda kehausan, segelas air terasa seperti hadiah, jadi tak heran juga dapat memicu pelepasan dopamin di otak. Melansir Huffpost, Senin, 5 Desember, tidak semua tegukan air dapat melepaskan dopamin. Sebaliknya, Anda harus benar-benar menginginkan atau membutuhkan air, seperti setelah berolahraga atau di hari yang panas.

3. Menerima pujian

Salah satu cara yang sangat umum pelepasan dopamin, adalah ketika memuji anak-anak atas perilaku yang baik, kata Rajneesh. Pujian memicu pelepasan dopamin di otak anak-anak, dan hal yang sama berlaku untuk memuji hewan peliharaan.

4. Bermain gim

Banyak penelitian telah mengukur dan menemukan bahwa bermain gim menghasilkan pelepasan dopamin di otak bagi sebagian orang, kata Morikawa. Meskipun bermain gim bukan hal buruk, tetapi bisa jadi negatif apabila terlalu menyenangkan. Anda tidak boleh benar-benar terpikat pada aktivitas ini, karena dapat menurunkan kualitas kebahagiaan.

5. Berhubungan seks

Bagi Anda yang telah berkomitmen atau berpasangan, berhubungan seks menyebabkan pelepasan endorfin, seperti pemaparan ahli bedah kedokteran olahraga ortopedi di Yale, Dr. Elizabeth C. Gardner. Morikawa menambahkan, bahwa selama evolusi sistem dopaminergic dikembangkan untuk mempromosikan kelangsungan hidup dan pemeliharaan spesies manusia. Dengan kata lain, ada alasan insting mengapa seks terasa begitu menggoda.

Otak terhubung untuk mengetahui bahwa seks penting untuk bertahan hidup, dan neuron yang melepaskan dopamin melakukannya ketika mereka merasakan imbalan terkait dengan tindakan tersebut.

6. Meditasi dan aktivitas yang meningkatkan kesejahteraan

Meditasi merupakan salah satu aktivitas yang dapat menyebabkan pelepasan dopamin. Selain itu, Anda bisa beryoga, menekuni hobi, dan olahraga. Bahkan aktivitas ini dapat meningkatkan rasa kesejahteraan seperti yang diinginkan secara alamiah.

Itulah keenam aktivitas membantu melepaskan dopamin di otak. Adakah yang Anda lakukan sebagai aktivitas sehari-hari? Anda bisa melakukan salah satunya untuk meningkatkan rasa nyaman, penghargaan diri, dan kebahagiaan.