Ilmuwan Ungkap Alasan Mendengarkan Musik Favorit Bikin Merinding
Mendengarkan musik (bruce mars/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Kita sering mendengarkan musik favorit dengan perasaan merinding. Ternyata ilmuwan asal Perancis, Thibault Chabin, murid PhD di University Burgundy France-Comte yang memimpin penelitian menemukan jawabannya.

Setiap kali kita mendengarkan musik yang kita suka, otak bertanggung jawab atas emosi dan perpindahan musik yang bekerja sama untuk membentuk dopamin. Dopamin adalah senyawa di otak yang memberikan rangsangan kepada tubuh.

Mengutip Metro UK pada hari ini, 3 November, otak akan bekerja untuk menebak akan yang terjadi selanjutnya dan ketika itu benar, dopamin akan muncul dengan sendirinya.

“Di saat kita menunggu, otak akan bekerja memprediksi selanjutnya dan dopamin. Ketika bisa memprediksi dengan benar akan diperlukan untuk bertahan.

Dipublikasikan melalui jurnal Frontiers in Neuroscience, ilmuwan Mr. Chabin meminta 18 orang pecinta musik untuk merekam aktivitas otak melalui Electroencephalogram atau EEG.

Setiap partisipan mendengarkan 90 detik lagu kesukaan mereka dan melihat apa yang terjadi di dalam otak ketika mereka merasakan chills dan otak mereka mencoba menerka apa yang terjadi di dalam musik.

Ketika partisipan merasakan efek 'merinding' tersebut, Mr Chabin melihat aktivitas dalam korteks orbitofrontal, wilayah yang memproses emosi serta area motorik tambahan - otak tengah yang mengontrol gerakan serta area kanan otak yang memproses pendengaran.

“Fakta bawah kita bisa mengukur fenomena ini dengan EEG membawa kesempatan untuk belajar dengan konteks lain, di mana rancangan yang lebih natural dan di antara grup.”

“Keinginan secara musikal adalah fenomena yang menarik yang harus diinvestigasi, agar memahami mengapa musik sangat bermanfaat dan mengapa musik sangat diperlukan dalam hidup manusia.”