Mengenal Apa Itu Crush  dalam Percintaan? Berikut Pengetian dan Pembagiannya
Ilustrasi crush (Freepik/wayhomestudio)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pemakaian kata ‘crush’ sering ditemukan di media sosial dalam beberapa waktu belakangan. Bahkan kata ‘crush’ pernah menjadi kata yang paling banyak dicari warganet Indonesia di pencarian Google sepanjang tahun 2022. Sebenarnya apa itu ‘crush’?

Seiring berjalannya waktu, istilah ‘crush’ semakin populer dan menjadi bahasa gaul atau bahasa slang. Kata ‘crus’ memiliki arti yang berkaitan dengan percintaan. Kata tersebut sering digunakan oleh anak-anak mudah yang aktif di media sosial, baik Instagram maupun Twitter. Namun masih banyak yang belum tahu apa arti kata ‘crush’.

Apa Itu ‘Crush’?

Kata ‘crush’ berasal dari bahasa Inggris yang secara harfiah memiliki arti rusak, hancur, atau menghancurkan. Akan tetapi berdasarkan Jurnal Sosiologi Andalas yang ditulis oleh Hatib Abdul Kadir, kata ‘crus’ artinya sama dengan ‘cinta monyet’.

Kata ‘crus’ yang sedang populer dimaknai sebagai cinta seorang anak atau remaja dengan rekan sepantaran atau seusianya. Crush juga didefinisikan sebagai perasaan cinta seorang remaja kepada orang yang lebih muda ataupun lebih tua usianya. 

Dalam bahasa Inggris, kata ‘crush’ bersifat oposisi atau kebalikan dari kata “true love” atau cinta sejati. True love yang dimaksud adalah rasa cinta yang dialami orang dewasa yang sudah memiliki rasa tanggung jawab dan komitmen. 

Sementara itu berdasarkan Urban Dictionary, kata ‘crush’ bermakna seseorang yang membuat jantung berdetak lebih cepat yang tidak bisa digambarkan dalam satu kata, atau seseorang yang tidak bisa dilupakan. 

Kata crush dalam bahasa gaul digunakan untuk menunjukkan seseorang yang disukai, gebetan, atau seseorang yang sedang menjalin kedekatan dengan Anda. Selain itu, kata crush sendiri ada beberapa jenisnya. 

Jenis-Jenis Kata Crush

Setelah memahami arti dari kata crush, selanjutnya Anda perlu tahu jenis-jenis crus berikut ini:

Platonic Crush

Platonic crush disebut juga dengan istilah the friendly. Crush jenis ini juga disebut sebagai ‘squish’. Crush ini menggambarkan seseorang yang membiarkan dirinya percaya dan sangat dekat dengan seseorang. 

Orang dengan tipe crush ini ingin selalu berada di dekat seseorang sepanjang waktu, tanpa adanya perasaan romantis atau cinta. Seseorang yang dituju tersebut dianggap spesial atau istimewa. Bisa dimaknai bahwa platonic crush adalah kedekatan dengan sahabat atau teman dekat. 

The Admiration Crush

Crush jenis ini terjadi ketika mengidolakan atau mengagumi seseorang. Orang yang mengalami crush ini memiliki perasaan yang sangat kuat terhadap orang tersebut, bisa dari karakter, penampilan, hingga perbuatan. Namun ketertarikan tersebut hanya bersifat kekaguman. Crush jenis ini kerap disalahartikan sebagai perasaan romantis karena ambisi akan kedekatan yang begitu intens. Contoh crush ini ditujukan kepada tokoh, artis, guru, hingga teman. 

The Passing Crush 

The passing crush terjadi ketika Anda tertarik pada orang lain. Jenis crush ini juga bisa terjadi ketika Anda berada dalam hubungan yang dekat dengan orang lain yang bukan pasangan Anda. Namun rasa ketertarikan dalam crush ini hanya bersifat sementara atau sekilas. Misalnya ketika Anda melihat seseorang tampak menarik karena penampilan, perlakuan di waktu tertentu, atau membawa sesuatu yang unik.

The Romantic Crush

Jenis crush yang terakhir ini terjadi ketika Anda benar-benar naksir atau menyukai seseorang. Saat mengalami crush ini berarti Anda ingin melakukan hal romantis atau ingin bersama dengan orang tersebut lebih dari teman dekat. 

The romantic crush menggambarkan perasaan ketertarikan Anda untuk menjadi pasangan atau relationship dengan seseorang. Jenis crush ini memiliki fantasi ingin berpelukan, berpegangan tangan, hingga berciuman dengan orang yang disukai. Saat Anda sering merasakan crush ini bisa berarti memang benar-benar jatuh cinta. 

Demikianlah ulasan mengenai apa itu crush sebagai bahasa gaul yang populer beberapa waktu belakangan. Tidak sekedar memiliki makna cinta monyet atau ketertarikan, namun ada empat jenis crush dengan kondisi dan tingkat ketertarikan yang berbeda-beda. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.