HYBE Beli Saham SM Entertainment, Capai Rp5 Triliun
HYBE - SM Entertainment (HYBE - SM)

Bagikan:

JAKARTA - HYBE dikabarkan membeli saham SM Entertainment sebanyak 14,8 persen. Dengan ini, agensi BTS itu menjadi petinggi terbesar agensi yang didirikan Lee Soo Man.

Hari ini, Jumat, 10 Februari, HYBE membeli 14,8 persen saham senilai 422,8 miliar won atau Rp5 triliun. HYBE menggantikan Lee Soo Man sebagai pemegang saham terbesar SM yang sebelumnya 18,48 persen.

Kemudian awal pekan ini Kakao menjadi pemegang saham terbesar kedua setelah mengakuisisi perusahaan sebesar 9,05 persen. Hal ini dianggap ilegal oleh Lee Soo Man lantaran konflik antara dirinya dengan para petinggi SM.

CEO SM Entertainment: Lee Sung Soo dan Tak Young Jun mengumumkan SM 3.0 yang berisi rencana pengembangan musik serta destrukturisasi, termasuk pemutusan hubungan kerja antara Lee Soo Man dan SM Entertainment.

Melansir Soompi, Lee Soo Man kemudian kembali ke Korea dan menyatakan tindakan hukum untuk menggugat SM Entertainment atas tindakan menerbitkan saham baru perusahaan tanpa persetujuan dirinya sebagai pemegang saham terbesar.

Kesepakatan HYBE dan Lee Soo Man menjadi rencana sang produser untuk membalas akuisisi Kakao dan akuisisi ilegal yang diduga dilakukan dua petinggi SM Entertainment.

Sebelumnya HYBE enggan menyebut rencana mereka untuk mengakuisisi SM Entertainment dikarenakan masih dalam pertimbangan.

Di luar kesepakatan dengan Lee Soo Man, HYBE juga berencana untuk mengakuisisi saham tambahan dari pemegang saham minoritas yang akan meningkatkan posisi mereka dalam perusahaan tersebut.