Bagikan:

YOGYAKARTA - The American Heart Association menganjurkan tak lebih dari 2.300 miligram (mg) sehari dan bergerak menuju batas pas tak lebih dari 1.500 mg per hari untuk kebanyakan orang dewasa konsumsi garam per hari.

Sebab rata-rata orang makan seperti itu banyak natrium berlebih, malahan mengurangi 1.000 miligram sehari bisa meningkatkan tekanan darah dan kesehatan jantung secara signifikan.

Batas Konsumsi Garam Per Hari

Dan ingat, lebih dari 70 persen natrium yang dimakan orang Amerika berasal dari makanan kemasan, olahan, dan restoran - bukan dari pengocok garam.

Rata-rata, orang Amerika makan lebih dari 3.400 miligram sodium per hari - jauh lebih banyak daripada yang direkomendasikan oleh American Heart Association dan organisasi kesehatan lainnya. Sebagian besar dari kita cenderung meremehkan berapa banyak natrium yang kita makan, jika kita bisa memperkirakannya sama sekali.

Menjaga natrium tetap terkendali adalah bagian dari mengikuti pola makan sehat secara keseluruhan.

Bagaimana Mengetahui Jumlah Natrium yang Dimakan?

Anda dapat mengetahui jumlah natrium dalam makanan Anda dengan melihat label Fakta Gizi. Jumlah natrium per porsi tercantum dalam miligram (atau mg). Periksa daftar bahan untuk kata-kata seperti "natrium", "garam", dan "soda". Natrium total yang ditunjukkan pada label Fakta Gizi termasuk natrium dari garam, ditambah natrium dari bahan lain yang mengandung natrium dalam produk. Misalnya, ini termasuk bahan-bahan seperti natrium nitrat, natrium sitrat, monosodium glutamat (MSG), atau natrium benzoat.

Ingatlah untuk memperhatikan takaran saji pada label Fakta Gizi. Jika ukuran porsi Anda sama dengan dua porsi produk, Anda sebenarnya makan dua kali lipat dari natrium yang tercantum.

Berikut adalah istilah terkait natrium yang mungkin Anda lihat pada kemasan makanan:

  • Bebas Garam / Natrium – Kurang dari 5 miligram natrium per sajian
  • Natrium Sangat Rendah – 35 miligram atau kurang per sajian
  • Sodium Rendah – 140 miligram atau kurang per sajian
  • Mengurangi Natrium - Setidaknya 25 persen lebih sedikit natrium per porsi daripada tingkat natrium biasa
  • Ringan dalam Natrium atau Asin Ringan – Setidaknya 50 persen lebih sedikit natrium daripada produk biasa

Tanpa Garam atau Tanpa Garam – Tidak ada garam yang ditambahkan selama pemrosesan – tetapi produk ini mungkin tidak bebas garam/natrium kecuali dinyatakan

Ingat: Kadar natrium bervariasi dalam makanan yang sama tergantung merek atau restorannya.

Pada akhirnya, mudah untuk menghitung berapa banyak natrium yang Anda konsumsi sehingga Anda dapat membuat pilihan yang lebih baik sesuai kebutuhan. Terkadang penyesuaian kecil dapat memberikan hasil yang besar untuk kesehatan Anda!

Jadi setelah mengetahui konsumsi garam per hari, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!