Plus Minus Menjadi Pekerja Freelance, Menguntungkan Atau Malah Bikin Rugi Ya?
Plus Minus Menjadi Pekerja Freelance ( Gambar Paige Cody - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pekerja lepas adalah salah satu hal yang cenderung mempolarisasi orang. Beberapa menganggapnya sebagai karir impian mereka. Orang-orang ini bertekad untuk terjun dan menindaklanjuti. Terlepas dari apakah mereka tidak akan pernah menghasilkan sebanyak di beberapa pekerjaan perusahaan. Yang lain merasa terlalu stres dan menuntut. Mereka bahkan tidak akan mencobanya jika seseorang meyakinkan mereka bahwa mereka akan menghasilkan dua kali lipat dari yang mereka dapatkan di pekerjaan mereka saat ini. Yuk cari tahu plus minus menjadi pekerja freelance!

Kebenaran terletak, seperti yang sering terjadi, di antara keduanya. Tentu, freelancing bisa membuat stres dan menuntut, tetapi bisa jadi membantu dan bermanfaat.

Dalam pembahasan ini, kita akan memeriksa beberapa keuntungan dan kerugian utama menjadi seorang freelancer.

Plus Minus Menjadi Pekerja Freelance

Kerja Freelance Bisa dilakukan di mana saja (Gambar Daria Mamont - Unsplash)
Kerja Freelance Bisa dilakukan di mana saja (Gambar Daria Mamont - Unsplash)

5 keuntungan menjadi seorang freelancer

Jam Fleksibel

Keuntungan pertama menjadi seorang freelancer adalah Anda bisa bekerja kapan pun Anda mau. Anda bisa memilih jam Anda sendiri. Jika Anda ingin tidur sampai siang, Anda bisa melakukannya. Jika Anda ingin mengambil libur akhir pekan sehingga Anda dapat menjelajahi kota, tentu saja, lakukanlah. Sebagai seorang pekerja lepas, Anda benar-benar dapat bekerja selama jam-jam paling produktif Anda, dan jam-jam itu tidak harus jatuh pada jam kerja biasa.

Kontrol atas Pekerjaan dan Klien

Saat Anda bekerja untuk orang lain, Anda tidak dapat memilih dengan siapa Anda bekerja. Anda bisa terjebak dengan klien yang tidak profesional atau kasar. Tapi, ketika Anda seorang freelancer, Anda bisa memilih dengan siapa Anda bekerja. Jika Anda tidak cocok dengan kepribadian klien atau bisnis atau filosofi pembayaran, Anda dapat melewatkan kesempatan dan berharap yang terbaik untuk mereka. Semudah itu.

Bekerja Dimanapun Anda Inginkan

Apakah Anda lebih suka konsistensi atau mengguncang lingkungan kerja Anda, Anda dapat memilih untuk bekerja di mana pun Anda inginkan, apakah Anda memilih untuk bekerja di kedai kopi lokal atau saat Anda sedang berlibur di Eropa. Anda tidak lagi terjebak di kantor atau bahkan di rumah Anda. Temukan tempat di mana Anda bekerja paling baik. Anda bisa bekerja di taman, di perpustakaan, atau di ruang tamu sambil mengenakan piyama.

Kamu bosnya

Anda tidak lagi harus menjawab kepada siapa pun kecuali klien Anda dan diri Anda sendiri. Tidak ada yang mengawasi Anda atau mengatur Anda secara mikro. Anda bebas melakukan sesuka Anda, kapan pun Anda mau. Membuat semua keputusan sulit menjadi tanggung jawab Anda; Anda memiliki semua kendali.

Anda Menyimpan Semua Keuntungan

Anda tidak lagi harus bekerja dengan tarif tetap, tidak peduli seberapa besar proyek yang Anda selesaikan. Sekarang, Anda dapat mengalokasikan atau menyimpan semua keuntungan dari proyek dan klien besar dan kecil Anda. Ini memberi Anda kebebasan untuk kemudian menggunakan uang itu untuk meningkatkan diri dan mengembangkan bisnis Anda.

5 kelemahan freelance

Bukan Beban Kerja yang Stabil atau Andal

Sayangnya, menjadi freelancer berarti penghasilan dan beban kerja Anda tidak stabil dan tidak konsisten. Sebagian besar, Anda tidak akan dapat bergantung pada proyek reguler, klien, atau keuntungan apa pun, sedangkan Anda akan mengetahui gaji pasti yang akan Anda terima di pekerjaan tradisional.

Membedakan Antara Pekerjaan dan Waktu Pribadi

Menjadi bos Anda sendiri dan bekerja dari rumah juga berarti sulit untuk membedakan antara waktu kerja dan kehidupan pribadi Anda. Ini berarti Anda dapat bekerja berjam-jam dan tidak pernah meluangkan waktu untuk kepentingan pribadi Anda.

Banyak kerjaan

Anda sekarang bertanggung jawab untuk menemukan semua klien dan proyek Anda sendiri. Ketika Anda mengerjakan pekerjaan tradisional, proyek Anda mungkin diserahkan kepada Anda. Tapi sekarang, Anda satu-satunya orang yang bertanggung jawab, jadi itu berarti banyak kerja keras di pihak Anda. Dan itu berarti Anda harus memakai banyak payung, termasuk pemasaran, periklanan, dan penjualan.

Tidak Dibayar

Menjadi freelancer juga berarti Anda berisiko tidak dibayar. Ini cukup umum di dunia pekerja lepas, dan satu topi lagi yang harus Anda pakai adalah topi penagih utang. Ada cara untuk melindungi diri Anda dari klien yang tidak membayar, tetapi terkadang Anda tidak menyadari bahwa Anda berisiko sampai semuanya terlambat.

Tidak Ada Tunjangan Kantor

Tunjangan kesehatan itu mahal. Bergantung pada kesehatan Anda saat ini, beralih ke gaya hidup lepas mungkin tidak sesuai dengan minat Anda. Juga, memulai bisnis freelance Anda sendiri berarti Anda tidak lagi harus membayar hari sakit atau waktu liburan untuk digunakan. Setiap hari Anda tidak bekerja adalah hari Anda tidak akan dibayar.

Jadi setelah mengetahui plus minus menjadi pekerja freelance, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!