Cara Membuat Bumbu Miso Jepang di Rumah, Irit dan Gampang Banget
Cara Membuat Bumbu Miso Jepang (Gambar Nick Karvounis - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Miso adalah bumbu masakan asli Jepang berbentuk pasta yang terkenal dengan rasanya yang enak, dan juga bermanfaat bagi kesehatan. Miso dibuat dengan menambahkan garam dan koji ke dalam kedelai kukus, nasi, atau jelai. Di Jepang, ada berbagai jenis miso yang berbeda berdasarkan daerah tempat produksinya. Yuk belajar cara membuat bumbu miso Jepang!

Ketika Miso disebutkan, Miso Soup Jepang biasanya akan otomatis muncul di benak orang. Tapi tahukah Anda bahwa masih banyak lagi hidangan yang bisa dibuat dengan Miso? Pada artikel ini, kami ingin menunjukkan cara membuat saus miso serba guna.

Namun sebelum itu, Anda mungkin ingin tahu lebih banyak tentang Miso seperti manfaat kesehatannya, jenis miso, nah bagaimana cara membuatnya di rumah?

Cara Membuat Bumbu Miso Jepang

Sebelum Anda membuat saus miso ini, Ketahui dulu alasan mengapa Anda menyukai resep saus miso serba guna ini!

Pertama, resep sambal ini mudah dan cepat dibuat namun memiliki umur simpan yang lama. Jika Anda menyimpannya dengan baik di lemari es, itu bisa bertahan hingga 2 bulan.

Kedua, juga sangat nyaman bahwa Anda dapat membuat glasir sederhana, bumbu perendam, saus, atau bahkan saus celup. Anda bisa menambahkannya ke daging, sayuran, dan makanan atau bahan lain sesuka Anda! Anda bahkan bisa mendapatkan lebih banyak variasi saus buatan sendiri dengan rasa yang bervariasi dengan menggunakan miso yang berbeda. Ringan, manis, apa pun yang Anda suka.

Ketiga, Memiliki cita rasa asli Jepang, namun karena ini adalah saus buatan sendiri, Anda bisa membuatnya bebas dari bahan olahan dan MSG (monosodium glutamat).

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo buat saus miso serba guna di rumah, seperti apa caranya?

Bahan - Bahan

  • ½ cangkir jenis Miso favorit Anda (merah, putih, dll sesuka Anda!)
  • ½ cangkir mirin
  • ¼ cangkir Sake
  • 1 sdm Gula

Intruksi

  1. Masukkan semua bahan ke dalam panci. Kemudian Kocok semuanya hingga tercampur rata.
  2. Rebus campuran saus dengan api sedang.
  3. Saat campuran saus berbuih, kecilkan api dan biarkan mendidih selama 20-30 menit hingga mengental.
  4. Saus Miso siap digunakan.
  5. Jika tidak langsung dikonsumsi, harap disimpan dalam wadah kedap udara. Anda dapat menyimpannya di lemari es hingga 2 bulan.

Bisakah saya menambahkan pasta miso ke air?

Anda dapat menyesuaikan ukuran porsi resep untuk sisa makanan (dan teman!) di menu Anda. Dalam panci di atas kompor atau dalam cangkir di dalam microwave, panaskan air sesaat sebelum mendidih. Aduk pasta miso putih ke dalam air panas sampai benar-benar larut. Nikmati dengan sendok atau teguk langsung dari cangkir!

Apa bahan utama dalam miso?

Kacang kedelai yang difermentasi, Pasta miso hampir selalu dibuat dengan kacang kedelai yang difermentasi, dan merupakan bahan pokok masakan Jepang. Rasanya yang sangat gurih dan umami memberikan kedalaman yang indah pada semua jenis hidangan.

Pengganti pasta miso terbaik

Kecap dapat menggantikan rasa miso yang asin dan gurih dalam keadaan darurat. Namun perlu diingat: pasta miso memiliki tekstur yang creamy dan kecap sangat encer, hampir seperti air. Gunakan perbandingan ini: Gantikan ½ sendok makan kecap asin dengan 1 sendok makan pasta miso.

Bisakah Anda minum miso setiap hari?

Miso umumnya aman bagi kebanyakan orang; namun, jika Anda mengikuti diet rendah garam (natrium), Anda mungkin ingin membatasi asupan karena miso memiliki kadar yang tinggi. Kedelai dianggap goitrogenic. Ini berarti jika Anda memiliki masalah tiroid, Anda mungkin disarankan untuk meminimalkan asupan.

Apakah bubuk miso sehat?

Miso adalah bumbu serba guna yang kaya nutrisi dan pasti layak untuk disimpan. Proses fermentasi yang digunakan untuk menghasilkannya mungkin sangat bermanfaat, berpotensi meningkatkan pencernaan, membantu sistem kekebalan tubuh, dan membantu melawan penyakit.

Apakah miso perlu didinginkan?

Cara terbaik untuk menyimpan miso, yang dianggap sebagai makanan hidup, adalah dengan menyimpannya di lemari es. Jika Anda ingin menyimpannya di dalam freezer, suhunya harus tetap lebih tinggi dari 25F atau -5C. Miso tidak akan membeku dan aroma serta rasanya tidak akan hilang, jika hanya disimpan di dalam freezer selama beberapa bulan.

Apakah miso penuh dengan estrogen?

Miso kedelai yang difermentasi sebenarnya dibuat untuk mendukung keseimbangan hormon, bukan gangguan hormon yang biasanya diasosiasikan dengan produk kedelai. 'Bentuk kedelai ini tinggi fitoestrogen, yang merupakan estrogen alami yang dapat memiliki efek penyeimbang hormon,' jelas Wszelaki pakar kesehatan.

Jadi setelah mengetahui bagaimana cara membuat bumbu miso Jepang, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!