Bagikan:

YOGYAKARTA – Disebut sebagai snail slime, krim kulit berbahan lendir bekicot ini populer di Amerika Serikat selama beberapa waktu lalu. Penelitian pakar perawatan kulit, mendalami manfaat lendir bekicot untuk mengatasi masalah umum pada kulit. Meskipun secara fisik lendir bekicot cukup membuat geli, tetapi ternyata manfaatnya untuk kulit tidak bisa dianggap sepele.

Manfaat dari bahan alami yang tak terduga ini, setara seperti bubuk kopi yang mengatasi mata bengkak. Atau kuncup mawar yang bisa menghapus kerutan serta bintik-bintik efek dari paparan sinar matahari. Saat ini, siput tak bisa dianggap sebagai hewan yang jalannya lambat saja. Tetapi juga lendirnya dapat bermanfaat untuk kecantikan kulit.

Melansir Healthline, Senin, 26 Desember, selama berabad lamanya di desa kecil Italia bagian selatan menggunakan lendir siput untuk mengatasi kutil, kulit kapalan, dan jerawat. Kemudian, pada tahun 1980-an, seorang koki dari Prancis mengekspor makanan pembuka dari bekicot. Para pekerja di Chili, juga memanfaatkan lendir bekicot untuk melembutkan kulit dan menyembuhkan luka.

krim yang terbuat dari lendir bekicot
Ilustrasi skincare krim yang terbuat dari lendir bekicot (Freepik)

Seiring dengan perkembangan produk kosmetik, industri perawatan kulit di Korea Selatan menggunakan lendir bekicot untuk penelitiannya. Mereka menunjukkan dan memverifikasi bahwa filtrate sekresi siput dapat menghidrasi kulit, meningkatkan kekenyalan, mengatasi hiperpigmentasi, dan bersifat antimikroba sehingga bisa mencegah jerawat dan beberapa jenis rosacea. Penelitian lainnya juga menemukan manfaat baik lendir bekicot, yaitu membantu merangsang pembentukan kolagen, elastin, dan mengembalikan kelembapan kulit.

Salah satu skincare dengan kandungan filtrate lendir siput adalah Mizon Black Snail All-In-One Cream. Skincare ini mengandung 90 persen lendir siput hitam dan ekstrak tumbuhan.

Menurut Direktur Riset Kosmetik dan Klinis dan dermatologis di Rumah Sakit Mount Sinai, New York, dokter Joshua Zeichner, lendir bekicot telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama ribuan tahun. Pengobatan dilakukan untuk mengatasi berbagai kondisi kulit, seperti mengatasi luka hingga jerawat. Dalam lendir siput sendiri, kaya akan asam hialuronat yang bersifat sebagai humektan. Ini artinya, lendir siput membantu menghidrasi kulit. Bahan ini juga mengandung antioksidan yang menenangkan peradangan kulit dan meningkatkan produksi kolagen.

Tetapi bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, perlu berhati-hati dengan bahan tertentu. Penting kiranya untuk uji tempel terlebih dulu sebelum memakai skincare baru. Apabila tidak mengalami gejala iritasi, ruam, dan peradangan, maka skincare mengandung bahan tertentu seperti lendir bekicot mungkin aman untuk kulit Anda.