4 Jenis Kandungan Vitamin yang Bisa Bantu Perbaiki Masalah kulit
Jenis Vitamin Untuk Kulit (Istockphoto)

Bagikan:

JAKARTA - Merawat kulit menjadi bagian penting dari upaya menjaga kesehatan tubuh. Sekarang ini sudah banyak pilihan untuk melakukan perawatan, mulai dari penggunaan skincare, perawatan klinik, hingga menjaga pola hidup sehat. 

Kebutuhan vitamin untuk kulit juga memiliki peranan yang penting untuk menjaga kulit tetap sehat. Bahkan, dapat bermanfaat pula untuk membantu memperbaiki berbagai masalah kulit. Salah satunya seperti kandungan vitamin pada skincare yang sudah ramai digunakan oleh berbagai produk perawatan kulit. Apa saja vitamin tersebut? Berikut penjelasannya melansir Healthline, Senin, 25 Juli.

Vitamin C

Vitamin C ditemukan pada tingkat tinggi di epidermis (lapisan luar kulit) serta dermis (lapisan dalam kulit). Sifat melawan kanker (antioksidan), dan perannya dalam produksi kolagen membantu menjaga kesehatan kulit Anda. Inilah sebabnya mengapa vitamin C adalah salah satu bahan utama yang ditemukan di banyak produk perawatan kulit khususnya anti-aging.

Mengonsumsi vitamin C secara oral dapat membantu tingkatkan kerja tabir surya dalam melindungi kulit dari sinar UV matahari. Vitamin C juga dapat membantu menangkis tanda-tanda penuaan karena peran vitalnya dalam sintesis kolagen alami tubuh. Ini membantu menyembuhkan kulit yang rusak dan dalam beberapa kasus, mengurangi munculnya kerutan. Asupan vitamin C yang cukup juga dapat membantu memperbaiki dan mencegah kulit kering.

Vitamin E

Seperti vitamin C, vitamin E juga mengandung antioksidan. Fungsi utamanya dalam perawatan kulit adalah untuk melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari. Vitamin E menyerap sinar UV yang berbahaya dari matahari saat dioleskan ke kulit. Photoprotection mengacu pada kemampuan tubuh untuk meminimalkan kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV. Ini dapat membantu mencegah bintik hitam dan kerutan.

Biasanya, tubuh memproduksi vitamin E melalui sebum, zat berminyak yang dikeluarkan melalui pori-pori kulit. Dalam keseimbangan yang tepat, sebum membantu menjaga kondisi kulit dan mencegah kekeringan. Jika Anda memiliki kulit yang sangat kering, vitamin E mungkin dapat membantu mengatasi kekurangan sebum. Vitamin E juga membantu dalam pengobatan peradangan kulit.

Vitamin K

Vitamin K sangat penting dalam membantu proses pembekuan darah tubuh, yang membantu tubuh menyembuhkan luka, memar, dan luka bekas operasi. Fungsi dasar vitamin K juga dianggap membantu menyembuhkan kondisi kulit tertentu, seperti, stretch mark, spider veins, bekas luka, dark spot, dan lingkaran membandel di bawah mata.

Vitamin A

Vitamin A dapat berperan dalam memelihara dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak atau membantu meregenerasi sel kulit mati, menstimulasi produksi kolagen dalam kulit, meningkatkan elastisitas kulit, serta menyamarkan kerutan di wajah.