Jenazah Mak Nyak Aminah Cendrakasih Dimakamkan Satu Liang dengan Mak Wok
Jenazah Aminah Cendrakasih (Foto: IG @si.rano)

Bagikan:

JAKARTA - Aminah Cendrakasih alias Mak Nyak telah dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Jakarta Pusat sekitar pukul 10.15 WIB. Aktris senior itu diantarkan ke tempet peristirahatan terakhirnya oleh para saudara dan kerabatnya.

Jenazah Aminah Cendrakasih dimakamkan di tempat yang sama dengan ibunya, Wolly Sutinah atau lebih dikenal dengan nama Mak Wok, yang juga merupakan aktris besar di industri perfilman tanah air.

Salah satu putri Aminah menjelaskan bahwa sang ibu pernah meminta untuk dimakamkan di dekat makam Mak Wok. “Iya, (ibu) penginnya dimakamin dekat Mak Wok. Tadinya pengin dimakamin bersampingan, terus aku bilang kenapa enggak disatuin aja. Ibu pun terima saran aku,” kata putri Aminah Cendrakasih, Kamis, 22 Desember.

Pihak keluarga pun memenuhi keinginan Mak Nyak. Momen ketika mengantarkan jenazah almarhumah pun dipenuhi dengan tangis haru keluarga. “Pertama kami menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya atas kehadirannya dan perhatian dan doanya mengantar almarhum sampai tempat peristirahatan terakhir," kata menantun Aminah Cendrakasih, Sahrial Ismail di sela pemakaman.

Setelah menyampaikan rasa terima kasihnya, Sahrial menyempatkan diri untuk mengulas perjalanan hidup dan karier Aminah Cendrakasih sebagai aktris. "Semasa hidupnya sebagai aktris senior mungkin sejak 1955, lahir di Magelang, sekarang genap 85 tahun. Mohon kiranya bapak ibu memaafkan almarhumah agar diterima di sisi Allah SWT," tambahnya. Almarhumah kurang lebih ada 100 film. Hampir setiap hari almarhumah terkenal dengan 'Mak Nyak'," ungkapnya.