Bagikan:

JAKARTA - Mendiang artis senior Aminah Cendrakasih seharusnya merayakan ulangtahunnya yang ke-86 pada hari ini, Senin, 29 Januari. Sayangnya beliau harus pergi lebih dahulu pada 21 Desember 2022.

Meski begitu, laman pencarian Google mencoba mengingatkan mengenai sosok mendiang Aminah Cendrakasih melalui Google Doodle yang bisa dilihat pada laman awal Google.

Dalam Google Doodle itu terlihat, mendiang Aminah Cendrakasih digambarkan mengenakan kerudung dengan bingkai layar televisi analog sebagai pertanda karirnya sudah melintasi berbagai zaman.

Namun, siapakah sosok Aminah Cendrakasih ini? Berikut ini ringkasan profilnya!

Aminah Cendrakasih merupakan wanita kelahiran 29 Januari 1938 di Magelang, Jawa Tengah. Ia merupakan putri dari seorang selebriti papan atas bernama Wolly Sutinah atau yang lebih dikenal dengan nama Mak Wok dan ayahnya yang juga seorang pelawak bernama Husni Gaib.

Sosok Aminah sendiri terjun ke dunia akting pada tahun 1950 di mana ia baru saja genap berusia 18 tahun. Pada saat itu, ia pertama kali berakting dalam film berjudul Serampang 12, melalui film ini lah nama Aminah Cendrakasih semakin melambung tinggi.

Sejak tahun 1955 hingga 1989, Aminah diketahui sudah membintangi 101 judul film baik sebagai pemeran pembantu maupun utama.

Meski begitu, nama Aminah sempat menghilang cukup lama setelah ia membintangi film Habis Gelap Terbitlah Terang pada tahun 1959 yang diketahui karena pernikahannya. Setelah vakum selama 11 tahun, ia kembali berakting dengan bermain dalam sebuah film dan sandiwara televisi.

Salah satu perannya yang paling ikonik ialah di film Asmara Dara, di mana ia berperan sebagai Tari. Di dalam film itu terlihat adegan ketika ia sedang bersesakan di dalam trem atau kereta zaman dulu.

Selama hidupnya, Aminah cukup aktif dalam organisasi salah di organisasi HSBI dan Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB). Ia pernah menjabat sebagai Ketua I Divisi Kesenian. Lalu ia juga pernah menjabat sebagai Komisaris PT Jayanti Adhikara Sinema.

Generasi sekarang mungkin mengenal sosok Aminah Cendrakasih melalui perannya sebagai Mak Nyak dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Di mana ia bermain dengan pelawak senior Benyamin dan Rano Karno.

Dedikasinya dalam dunia perfilman akhirnya mengantarkan Aminah Cendrakasih sebagai penerima Penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan oleh Dewan Film Nasional pada tahun 1992 dan Penghargaan Lifetime Archievement Award dari Festival Film Bandung di tahun 2012.