Aturan Memakai Jas Kancing 2
Ilustrasi jas 2 kancing (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Para pria disarankan untuk mengetahui aturan fashion pemakaian jas, termasuk aturan memakai jas kancing 2 atau single breasted two button suit. Jas jenis ini jadi salah satu jenis pakaian yang banyak dikenakan dalam berbagai acara.

Perlu diketahui, jas kancing 2 adalah salah satu jenis pakaian resmi model Eropa yang dikenakan bersamaan dengan kemeja, dasi, dan celana kain.. Jenis ini didasarkan pada jumlah kancing dan lubangnya yang berjumlah dua titik.

Aturan Memakai Jas Kancing 2

Pemakaian jas kancing 2 memiliki aturan yang harus dipahami oleh setiap pemakai. Aturan berkaitan dengan konteks acara hingga teknik pemakaiannya. Berikut ini beberapa aturan pakai jas kancing 2 yang perlu diketahui.

  1. Format Acara

Aturan pemakaian jas kancing 2 didasarkan pada format acara. Jas jenis ini biasanya dikenakan di acara formal hingga semi formal. Tidak disarankan mengenakan jas kancing 2 di acara santai seperti ketika berenang atau acara yang mengharuskan si pemakai melakukan aktivitas fisik. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi keluarnya keringat.

  1. Pembuatan Pola Jas

Pola jas juga harus sesuai dengan tubuh si pemakai. Hindari penggunaan jas yang terlalu kekecilan karena akan memperburuk penampilan. Anda bisa membeli jas yang sudah jadi asal memperhatikan bentuk badan. Lebih disarankan untuk membuat jas sesuai dengan bentuk badan ke tailor jas.

  1. Aturan Pengancingan

Keberadaan kancing bukan tanpa alasan. Pemakai harus tahu aturan kapan harus membuka kancing atau kapan harus mengancingkan jas. Pengancingan kancing jas dibedakan ke dalam dua aktivitas yakni ketika berdiri dan duduk.

Saat mengenakan jas kancing 2 dalam keadaan berdiri, pemakai harus memastikan kancing teratas terpasang. Untuk kancing kedua cukup dibiarkan terbuka.

Sedangkan saat duduk, kancing jas paling atas harus dibuka sehingga di bagian perut tidak terlipat perut. Biarkan kemeja tetap terlihat sehingga terkesan lebih lega dan sedap dipandang.

  1. Kenakan Aksesori yang Sesuai

Penggunaan jas di acara formal harus disertai dengan dasi. Namun Anda bisa menggantikan fungsi dasi dengan aksesori lain. Aturan memakai jas tanpa dasi harus digantikan dengan aksesori lain misalnya memasang sapu tangan di kantung jas. Selain itu kenakan jam tangan yang sesuai dengan warna jas.

Jika Anda mengenakan kaus dalam, usahakan agar tidak terlihat. Hindari menggunakan kaus dalam dengan warna mencolok karena berpotensi terlihat dari luar kemeja. Anda bisa mengenakan kaus dalam dengan warna yang sama dengan kemeja.

Selain mengetahui aturan pemakaian jas, perbanyak pengetahuan lainnya misal perbedaan jas dan blazer dan sebagainya.

Selain terkait aturan memakai jas kancing 2, kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.