Apa Saja Tanda-tanda Melahirkan Tinggal Menghitung Hari yang Harus Diketahui Orang Tua Baru? Ini Jawabannya
Ilustrasi ibu hamil (Freepik-senivpetro)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi orang tua baru, kelahiran anak pertama adalah momen yang sangat mendebarkan. Meski dokter kandungan telah memberi perkiraan hari perkiraan lahir (HPL), kadang kelahiran bisa datang lebih cepat atau lebih lambat. Lalu apa saja tanda-tanda melahirkan tinggal menghitung hari pada ibu yang mengalami kehamilan?

Tanda-tanda Melahirkan Tinggal Menghitung Hari

Tanda kelahiran makin dekat sebenarnya bisa dilihat dan dirasakan oleh sang ibu. Berikut ini tanda yang biasa muncul saat mendekati hari kelahiran.

  1. Kram di Perut dan Panggul

Ibu hamil yang makin mendekati HPL biasanya mengalami kram di perut dan panggul. Hal itu terjadi saat bayi berada di bawah panggul. Keram tersebut bisa jadi salah satu tanda bahwa kelahiran buah hati makin dekat. Di momen ini kedua orang tua harus mulai siaga untuk menyambut kelahiran sang bayi.

  1. Intensitas Buang Air Kecil Lebih Tinggi

Kandung kemih akan makin tertekan seiring dengan ukuran perut ibu yang makin besar. Tekanan pada kandung kemih akan meningkatkan intensitas buang air kecil. Kondisi ini kerap dikaitkan dengan makin dekatnya waktu persalinan. Namun harus diperhatikan bahwa buang air yang sering juga bisa menandakan hal lain.

  1. Terjadi Kontraksi

Kontraksi akan mulai terjadi sejak trimester kedua. Kontraksi juga bisa jadi tanda bahwa persalinan makin dekat. Namun ada pula istilah braxton hicks atau kontraksi palsu. Namun ibu hamil juga harus berjaga-jaga agar tak terlambat membawa ke rumah persalinan.

Kontraksi palsu sendiri bisa hilang dengan mengibah posisi. Sedangkan kontraksi persalinan tidak hilang meski ibu hamil mengubah posisi.

  1. Munculnya Lendir Bening atau Merah

Menurut American Preganncy Association, lendir yang menyerupai keputihan akan menumpuk di leher rahim saat persalinan makin dekat. Karena itulah salah satu tanda kelahiran makin dekat adalah adanya lendir kental dari vagina. Warna lendir biasanya bening, atau merah baik muda maupun menyerupai darah. Lendir ini biasanya muncul beberapa jam sebelum persalinan terjadi.

  1. Keluar Cairan Ketuban

Tanda ini cukup akurat untuk menentukan waktu kelahiran. Artinya, saat kelahiran terjadi maka akan muncul cairan ketuban karena pecahnya selaput ketuban. Cairan ini akan keluar secara terus menerus lewat vagina, bahkan sang ibu tak bisa mengendalikannya.

Saat ini terjadi, janin harus segera dilahirkan karena kemungkinan besar bayi tak lagi terlindungi selaput. Segera bawa ibu hamil ke rumah bersalin agar tak terjadi hal yang tak diinginkan.

Itulah tanda-tanda melahirkan tinggal menghitung hari. Anda dan pasangan disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mempersiapkan proses persalinan yang aman dan lancar. Kunjungi situs berita VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.